62 SMP di Kabupaten Serang Belum Siap UNBK

SERANG, (KB).- Sebanyak 62 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Serang belum siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Alasannya masih terkendala sarana prasarana seperti komputer yang belum memadai. Padahal pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP akan dilakukan pada Senin-Kamis (22-25/4/2019).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Cahyono Prawiguna.

Ia mengatakan, sekolah yang belum siap UNBK akan melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Selain itu, juga ada sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri atau menumpang dengan sekolah lain.

“Dari 195 sekolah, 133 sekolah sudah melaksanakan UNBK dan 62 sekolah menggunakan UNKP. Persiapan sudah 99 persen baik yang UNKP ataupun UNBK. Kami juga sedang menunggu distribusi soal UNKP, serta singkronisasi dengan server pusat yang menggunakan komputer,” kata Cahyono saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (16/4/2019).

Ia menjelaskan, tahun ini sekolah yang mengikuti UNBK bertambah. Jika tahun lalu ada 82 sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK, tahun ini hanya ada 62 sekolah lagi yang belum bisa melaksanakan.

“Sekolah bisa menumpang dengan sekolah terdekat, pelaksanaan UNBK di Kabupaten Serang belum 100 persen dan ini masih di bawah target nasional yakni 70 persen. Sementara itu, tahun ini targetnya 85 persen,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan lancar, dan bagi sekolah yang belum melaksanakan UNBK bisa melaksanakan di tahun depan.

“Itu juga berkat sekolah yang terus berusaha untuk melaksanakan UNBK, persiapan juga sudah dilakukan mudah-mudahan tidak tejadi kendala seperti pemadaman listrik dan jaringan internet,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here