6 Desa di Kabupaten Lebak Belum Cairkan ADD Tahap IV

LEBAK, (KB).- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak meminta kepada enam Pemerintah desa (Pemdes) untuk segera melakukan pengajuan pencairan anggaran operasional. Sebab, dari 340 desa, saat ini baru tercatat 334 desa yang sudah melakukan usulan pencairan anggaran dana desa.

Keenam desa yang belum bisa menyerap ADD tahap terakhir tahun 2018 itu disebabkan karena belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban pengalokasian atau penggunaan ADD tahap III.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pengelolaan Keuangan Aset Desa DPMD Lebak, Endang Subrata mengatakan, dari enam desa yang belum melakukan usulan ADD tahap IV ini sampai 28 November 2018 adalah Desa Parakan Beusi, Cirinten, Cinginggang, Bulakan, Sukanegara dan Tanjungsari Indah.

“Enam desa ini belum bisa mengusulkan ADD tahap IV, karena keenam desa itu belum menyelesaikan LPj ADD tahap III,” kata Endang kepada Kabar Banten, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/11/2018).

Endang berharap, dengan waktu tersisa yang hanya beberapa hari lagi pada bulan November 2018 ini, keenam Pemdes tersebut segera melakukan pengusulan anggaran untuk operasional ini dengan memperlihatkan hasil SPJ ADD tahap III. “Kita masih menunggu keenam pemdes ini untuk menyampaikan usulan penyerapan ADD,” ujarnya.

Saat disinggung, jika nanti di bulan November ini Pemdes yang bersangkutan atau ada Pemdes yang tidak melakukan pengusulan ADD tahap IV, Endang mengatakan tidak ada sanksi. Namun hal itu jelas menunjukkan kinerja yang buruk pada Pemdes yang tidak bisa menyerap anggaran.

”Untuk pencairan itu batas waktu maksimal tanggal 25 Desember 2018 dari Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lebak. Jadi jika lewat batas waktu, jelas Pemdes yang tidak bisa menyerap anggaran tersebut sangat jelek kinerjanya akibat tidak bisa menyerap anggaran,” katanya.

Kepala DMPD Lebak, Rusito menambahkan, saat ini memang masih ada enam desa yang belum melakukan usulan ADD tahap IV. Tapi untuk Dana Desa (DD) semua desa sudah mengajukan bahkan sudah tersalurkan ke 340 desa.

”Guna memaksimalkan pembangunan di Kabupaten Lebak, saya berharap desa yang belum mengusulkan ADD tahap IV ini untuk menyampaikan usulannya. Kita tentu tidak berharap ada desa yang tidak bisa menyerap keseluruhan anggaran yang telah disiapkan,” tutur Rusito. (Lugay/TS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here