598 Marbot di Pandeglang Dapat Bantuan

PANDEGLANG, (KB).- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pandeglang memberikan bantuan kepada 598 marbot atau penjaga masjid di Kabupaten Pandeglang, di Masjid Agung Ar-Rahman, Rabu (3/6/2020).

Bantuan tersebut berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten melalui UPZ bekerjasama dengan Pengurus Wilayah DMI Provinsi Banten.

Ketua PD DMI Kabupaten Pandeglang, Abdul Ghofar mengatakan, bantuan tersebut untuk meringankan beban para marbot masjid yang ada di Pandeglang. Namun demikian saat pembangian ada beberapa marbot yang tidak hadir.

“Untuk jumlah marbot yang diberikan saat ini ada 598 se-Kabupaten Pandeglang. Sedangkan yang tidak hadir dari zona utara 26 orang, zona selatan 21 orang. Besaran bantuan Rp 500.000 per orang,” kata Abdul Ghofar usai menyerahkan bantuan.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sesuai data yang diusulkan ke provinsi. Tetapi pihaknya juga mengaku sudah mengusulkan ratusan marbot untuk mendapatkan bantuan.

“Dananya itu dari Baznas Provinsi Banten melalui PW DMI Provinsi Banten dan diserahkan ke  PD DMI Kabupaten Pandeglang.

Sebelumnya, penyerahan bantuan tersebut akan diberikan sebelum bulan ramadan, namun karena persyaratannya harus ada nomor rekening, SK dan lainnya. Akhirnya disepakati sebelum lebaran. Tetapi diperjalanan ada kendala yakni bank tutup, sehingga penyerahan bantuan baru bisa direalisasikan sekarang.

“Kami DMI Kabupaten Pandeglang menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Banten, Baznas Provinsi Banten dan orang-orang yang telah berzakat. Ini kan program DMI Banten dari 7.000 masjid di Provinsi Banten. Termasuk 598 marbot dari Pandeglang.

Ghafar berharap tahun depan baik dari Pemprov, Baznas Kabupaten dan Pemkab Pandeglang mudah-mudahan ada hibah untuk marbot.

“Banyak sekali guru ngaji yang diusulkan oleh NU, FSPP, makanya tidak ada yang memperhatikan marbot, maka munculah bantuan marbot. Mudah-mudahan tahun depan ada hibah untuk marbot,” katanya. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here