512 Pramuka se-Banten Ikuti Perkemahan Wirakarya di Cikujang

PANDEGLANG, (KB).- Sebanyak 512 anggota Pramuka dari delapan kabupaten/kota se-Banten mengikuti dan memeriahkan kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) III Banten 2019 di Bumi Perkemahan Cikujang, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Selasa (18/6/2019).

Perkemahan Wirakarya, kemah bakti atau biasa disingkat PW adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar. Kegiatan ini digelar dalam upaya mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

Acara yang diikuti Pramuka Penegak dan Pandega se-Banten ini digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten selama lima hari dari 18-23 Juni 2019. PWD Banten III yang dibuka Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki dihadiri Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ai Dewi Suzana.

Hadir pula unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang, para Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Provinsi Banten, Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten/Kota se-Banten, serta unsur pimpinan Kwarda dan Kwarcab se-Banten.

“Alhamdulillah, kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari Dewan Kerja Nasional (DKN),” kata Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki saat memberikan sambutan pada acara pembukaan PWD Banten Banten III ini.

Menurut Masduki PWD Banten III merupakan kegiatan yang berorientasi pada karya bakti Pramuka yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Dia menilai sudah selayaknya Pramuka memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri di tengah kondisi saat ini.

“Semua ini, kita lakukan demi membangun masyarakat,” katanya.

Solusi bagi masyarakat

Kontribusi yang diberikan Pramuka dalam PWD Banten III berupa bakti fisik maupun non fisik. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberi solusi bagi kebutuhan masyarakat di sekitar dan menjadi bukti nyata darma bakti kita bagi masyarakat,” ujar mantan Wakil Gubernur Banten ini.

Dia berharap kegiatan bertema “Berkarya dan Berbakti Menuju Pramuka yang Menginspirasi” ini bisa menjadi bukti kepedulian Pramuka terhadap masyarakat dan lingkungannya.

“Dengan adanya kegiatan ini, Kakak berharap pula Gerakan Pramuka khususnya Anggota Pramuka Penegak Dan Pandega dapat terus menebarkan kepedulian terhadap sesama, mencintai bumi pertiwinya dengan menjaga dan melindungi tanah Banten Ini,” katanya.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dan apa yang kita persembahkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta menjadi amal ibadah kehidupan kita di dunia dan akhirat,” pungkas Masduki. 

Teken kerja sama

Seusai pembukaan PWD Banten III, digelar penandatanganan kerja sama antara Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten dengan Harian Umum Kabar Banten.

Kerja sama tersebut ditandatangani Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki dan Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar.

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar menjelaskan dalam kerja sama ini, selain sepakat untuk meningkatkan keterampilan menulis anggota Pramuka, Harian Umum Kabar Banten juga akan mempublikasikan kegiatan-kegiatan Pramuka di Banten.

Menurut Rachmat, sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman, selain akan dipublikasikan di Koran Kabar Banten, kegiatan-kegiatan Pramuka di Banten akan dipublikasikan juga di sejumlah produk Kabar Banten Digital.

Produk Kabar Banten Digital meliputi surat kabar elektronik (e-paper) Kabar Banten, website www.kabar-banten.com, Instagram kabar_banten, Youtube channel Kabar Banten TV, Fanpage Facebook Kabar Banten, dan Tweeter KabarBanten72.

Selain melatih menulis, Kabar Banten juga akan meningkatkan kemampuan pemahaman Pramuka terhadap media agar mereka sadar (melek) media. Upaya ini akan dilakukan dalam kegiatan literasi media.

“Melalui kegiatan literasi media itu, kami juga akan memberikan pelatihan bagaimana mengidentfikasi dan melawan hoaks yang saat ini sudah menjadi ancaman bagi bangsa,” katanya.(AT)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here