500 Pejabat Pemkab Serang Segera Dites Psikologi

SERANG, (KB).- Sebanyak 500 Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang akan segera mengikuti tes psikologi atau psikotes yang direncanakan digelar akhir Januari 2018. Tes tersebut dilakukan untuk melihat potensi dan kompetensi ASN agar sesuai dalam penempatannya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Tb. Entus Mahmud Sahiri mengatakan, psikotes dilakukan dalam rangka mengetahui keselarasan antara potensi ASN yang ada dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam jabatannya.  “Makanya kita akan lakukan Assessment terhadap Eselon III dan IV,” ujarnya kepada Kabar Banten di ruangan kerjanya, Selasa (9/1/2018).

Entus mengatakan, sekarang psikotes hanya akan dilakukan pada sebagian Eselon III dan IV terlebih dahulu karena adanya keterbatasan anggaran. Saat ini anggaran yang tersedia hanya untuk 500 orang. “Itu terdiri dari 150 orang eselon III dan 350 orang eselon IV,” katanya. Ia menuturkan, tim yang akan melakukan psikotes dipilih dari asesor yang sudah tidak diragukan lagi yakni dari Unpad. Untuk pelaksanaannya baru akan dilakukan akhir Januari . “Sekali lagi tujuannya untuk mengetahui keselarasan antara potensi dengan kompetensi yang ada,” ucapnya.

Menurut dia, pelaksanaan psikotes sangat penting manfaatnya. Sebab adakalanya ASN memiliki potensi yang baik namun kompetensinya kurang dan atau sebaliknya. Sehingga perlu dilakukan langkah–langkah manajemen ASN. Oleh karena itu, kata dia, agar ASN dapat bekerja maksimal, solusinya adalah apabila kompetensinya bagus namun potensinya kurang sesuai dengan tempatnya maka akan dipindahkan.

“Apabila kompetensinya bagus tapi potensinya tidak sesuai dengan tempatnya maka harus dipindah. Tetapi kalau misalkan potensinya bagus tapi kompetensinya kurang maka dia harus ditingkatkan. Jadi solusinya ada yang kita pindahkan dan ada yang kita diklatkan. Tes ini salah satunya untuk mengetahui itu, yang bagus itu antara potensi dan kompetensi sesuai jabatannya. Kita inginnya seperti itu,” ujarnya.

Entus berharap, dengan adanya psikotes, indeks profesionalisasi ASN di lingkungan Pemkab Serang menjadi lebih baik. Sebelumnya, kata Entus, psikotes juga sudah pernah dilakukan pada beberapa Eselon III. Namun saat ini psikotes akan dilakukan menyeluruh. “Kemarin juga ada yang diminta pemerintah pusat kita kirim delapan orang,” ucapnya.

Saat disinggung terkait kemungkinan waktu pelantikan, Entus mengatakan, saat ini pihkny masih fokus pada proses assessment. Namun, bagaimanapun assessment ini tujuan akhirnya pada proses mutasi dan rotasi.  “Ini kan dalam rangka bagaimaana kita mengelola sumber daya ASN ini dengan lebih baik lagi. Arahnya ke manajemen ASN supaya mereka betul-betul mendukung tata kelola pemerintahan yang baik. Tata kelola yang baik ini bisa terwujud apabila ASN nya professional, berintegritas dan punya kompetensi yang sesuai jabatannya,” tuturnya. (DN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here