Rabu, 19 Desember 2018

50 Pesantren Dapat Bantuan Program Sanitasi

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memberikan kepada sebanyak 50 pesantren yang tersebar pada 10 kecamatan dalam program sanitasi masing-masing menerima Rp 120 juta.

“Dananya berasal dari APBD 2018 yang merupakan hibah kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag),” kata Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Tangerang, Erwin Mawandi, Kamis (12/4/2018).

Ia mengatakan, akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk dapat menyukseskan program tersebut. Ia menambahkan, dana tersebut untuk membantu membangun sanitasi berupa pembuatan tempat wudu, kamar mandi, kamar kecil maupun sarana kebersihan lainnya.

Namun, pesantren yang mendapatkan bantuan tersebut, yakni pesantren salafi, karena dikelola masih secara sederhana dan keterbatasan kepemilihan lahan.
Sedangkan, pesantren modern tidak mendapatkan bantuan tersebut, karena dikelola secara profesional dan mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat.

Pemberian dana tersebut, kepada kantor Kemenag setempat, karena tidak langsung diberikan akibat ada kendala kadang pesantren masih menumpang pada lahan milik orang lain.

Pesantren salafi kadang berada pada lahan perorangan, jadi belum memiliki kekuatan hukum, sehingga pemberian hibah tersebut kepada instansi berwenang mengurus keagamaan. “Lebih baik aparat Kemenag saja yang memberikan kepada penerima manfaat, karena mereka dianggap mengetahui pesantren yang belum memiliki sanitasi memadai,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya bersama aparat Kemenag tetap mengawasi program sanitasi tersebut, agar tidak disalahgunakan. Pihaknya masih menyusun rencana anggaran biaya (RAB) menyangkut program tersebut, karena harus dapat menyesuaikan dengan harga bahan material saat ini. Menurut dia, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kemenag untuk melakukan pendataan, sehingga program tersebut dapat bermanfaat untuk kepentingan umat. (DA)*


Sekilas Info

Jemaah Majlis Shubuh Safari Ziarah Banten-Jabar

SERANG, (KB).- Jemaah Majlis Shubuh Masjid Jami Nurul Huda Komplek Permata Banjar Asri Kecamatan Cipocokjaya Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *