5 Pejabat Pemprov Banten Hasil ”Open Bidding” Segera Dilantik

SERANG, (KB).- Sebanyak 5 pejabat hasil seleksi terbuka (open bidding) segera dilantik, setelah mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Rencananya, kelima pejabat hasil open bidding tersebut akan dilantik bersama Penjabat Sekda Banten, Ino S Rawita.

“Rencananya (pelantikan) kalau engga minggu ini, minggu depan. Ada beberapa alternatif kita siapkan. Tapi nanti keputusannya nunggu Pak Gubernur. Ya, dimungkinkan seperti itu (dilantik bareng dengan 5 pejabat open bidding),” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin, Kamis (23/8/2018).

Dia mengatakan, KASN mempersilakan Pemprov Banten melantik lima pejabat hasil open bidding lima jabatan yakni Kepala Biro Umum, Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan (ARTP), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub).

“Sudah ada dari KASN, (isinya) ya silakan dilantik. Pemprov sudah menjelaskan hal-hal yang diklarifikasi KASN. Kalaupun ada masalah, sudah kita clear-kan. Klarifikasi yang diminta sudah kami jelaskan,” ucapnya.

Berkaitan dengan Pj Sekda Banten, kata dia, kewenangan penjabat sekda tidak berbeda jauh dengan sekda definitif. Hanya saja, jabatan penjabat sekda dibatasi selama tiga bulan. “Kewenangan mirip. Tidak sama juga. Tentunya dibatasi waktunya, hanya 3 bulan. Tiga bulan ini sambil berproses open bidding sekda. Tapi, ada klausul juga kalau misalnya dalam tiga bulan (lelang sekda) belum juga selesai, Pj sekda bisa diperpanjang,” katanya.

Ia menjelaskan, kewenangan terbatas Pj sekda yaitu berkaitan dengan kebijakan-kebijakan strategis. Namun ia tak menjelaskan detail hal tersebut. “Artinya keputusan strategis enggak bisa. Kalau keuangan, APBD bisa. Pokoknya (yang tidak bisa) menyangkut hal-hal yang strategis,” ujarnya.

Pj Sekda Banten Ino S Rawita bersyukur karena surat dari kemendagri sudah turun. Saat ini, ia hanya tinggal menunggu jadwal gubernur untuk melantiknya secara resmi sebagai Pj Sekda Banten. “Alhamdulillah, tinggal menunggu kesiapan dari Pak Gubernur untuk melantik penjabat,” tutur Ino.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyetujui pengangkatan dan pelantikan Asisten Daerah (Asda) II, Ino S Rawita, sebagai penjabat Sekda Banten melalui surat nomor : 821/5878/SJ tertanggal 14 Agustus 2018. Surat tersebut menjawab Surat Gubernur Nomor 800/1868-BKD/2018, 20 Juli 2018.

Selain menyetujui pengangkatan dan pelantikan Pj Sekda Banten, Mendagri juga memerintahkan gubernur segera melakukan proses seleksi terbuka (open bidding) pengisian Sekretaris Daerah sesuai amanat pasal 10 ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, dengan tata cara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara jo Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di lingkungan instansi pemerintah. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here