5 Jabatan Eselon II Pemprov Banten Dilelang

SERANG, (KB).- Lima jabatan setara Eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan dilelang. Lima jabatan itu di antaranya untuk Dinas Kesehatan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Biro Perekonomian, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) dan Direktur RSUD Banten.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, lima jabatan yang dilelang itu merupakan jabatan yang saat ini mengalami kekosongan.” Sudah diajukan ke KASN, nunggu rekomendasi. (Yang diajukan untuk) lima (jabatan). Dinas Kesehatan, BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), Biro Bina Perekonomian, BPMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa) dan RSUD Banten,” kata Komarudin, Kamis (7/2/2019).

Sebetulnya, kata dia, untuk jabatan Direktur RSUD Banten tidak wajib melalui tahapan lelang. Sebab, jabatan tersebut tidak termasuk pada jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama. “RSUD menurut aturan tidak perlu open bidding (lelang jabatan) karena dia bukan JPT pratama. Tetapi gubernur berkehendak (untuk dilelang),” ujarnya.

Melalui lelang, kata dia, Gubernur Banten menginginkan agar orang yang menempati jabatan Direktur RSUD benar-benar sosok yang akuntabel. Sehingga, mampu membawa pelayanan RSUD milik Pemprov Banten ini ke arah yang lebih baik.

Ia mengatakan, di antara lima jabatan tersebut masih ada dua jabatan lagi yang mengalami kekosongan, yakni Asisten Daerah (Asda) I dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah. “Dua (jabatan setara Eselon II) diisi pejabat yang ada, sedangkan yang lima open bidding. Sekarang sedang berjalan,” ucapnya.

Setelah lelang lima jabatan rampung, kata dia, tidak menutup kemungkinan dua jabatan tersebut juga akan dilelangkan. Akan tetapi, sementara ini kemungkinan besar pengisian dua jabatan tersebut melalui mekanisme rotasi dan mutasi. Sehingga nantinya jabatan yang dilelangkan adalah posisi yang kosong hasil rotasi dan mutasi. “Pengajuan (rotasi mutasi) ke KASN sudah, proses mana yang lebih dulu keluar saja,” tuturnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, lelang jabatan akan berlangsung setelah proses lelang jabatan Sekda Banten selesai. “Lelang sekarang sedang berjalan untuk jabatan sekda. (Lelang jabatan pejabat eselon) belum, sekda dulu selesai,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here