5.000 THL Pemkot Serang Belum Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

SERANG, (KB).- Sebanyak 5.000 tenaga harian lepas (THL) di Lingkungan Pemerintahan Kota Serang belum terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Dari total 6.000 lebih, hanya 1.300 yang terdaftar.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Serang Syafrudin saat menghadiri rapat pembaruan peraturan dan surat edaran Wali Kota Serang tentang jaminan sosial ketenagakerjaan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah Kota Serang, di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Senin (22/7/2019).

“Dari sekitar 6.000 lebih THL di Kota Serang yang baru terdaftar itu baru 1.300. Kemudian, jumlah yang belum mendaftar itu ada sekitar 5.000. Kalau ASN itu sudah semuanya, tinggal THL saja yang belum. Ini nanti akan kami bahas juga, karena memang BPJS Ketenagakerjaan ini perlu untuk dimiliki,” katanya.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas tentang OPD mana saja yang memiliki THL. Saat ini, OPD yang sudah mendaftarkan THL ke BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang, sedangkan yang lainnya belum mendaftarkan para pekerjanya, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kemudian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang.

“Oleh karena itu, kami berharap untuk semua OPD, terutama yang ada THL itu untuk turut mengikutsertakan mereka ke BPJS Ketenagakerjaan. Karena di Kota Serang ini banyak, seperti Dinkes, DLH, PUPR dan masih banyak lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh pegawai baik THL ataupun honorer yang bekerja di lingkungan Pemerintahan Kota Serang harus mendapatkan hak tenaga kerjanya. Sebab, ada empat poin penting dalam kepesertaan tersebut. Jaminan hari tua, jaminan pensiun, kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Jadi THL yang ada di Kota Serang semuanya harus masuk ke BPJS Ketenagakerjaan. Karena sangat banyak manfaatnya,” ucapnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Muallif menjelaskan, ada dua pembahasan dalam rapat. Pertama soal THL di lingkungan Pemkot Serang dan kedua soal pemberi kerja di wilayah Kota Serang. Bagi mereka yang belum mendaftarkan pekerjanya, diharapkan segera menjadi peserta.

“Karena bagaimana pun wali kota ini memiliki kewajiban untuk mensejahterakan seluruh warga Kota Serang dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, tadi itu ada dua tanda tangan, terkait dua kebijakan itu tadi,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang Ahmad Benbela mengatakan, semua tenaga kerja di perusahaan besar yang ada di Kota Serang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Namun pihaknya saat ini sedang fokus terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) yang memiliki lebih dari sepuluh pekerja untuk ikuta jaminan sosial ini. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here