Jumat, 14 Desember 2018

47 Desa di Kabupaten Serang Terdampak Kekeringan

SERANG, (KB).- Sebanyak 47 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Serang kesulitan mendapatkan air bersih, karena terdampak kekeringan. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus mengeluarkan biaya hingga Rp 4.000 per galon.

Kepala Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa Suryadi mengatakan, saat ini kekeringan di wilayahnya masih terus terjadi. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat harus membeli air galon seharga Rp 4.000 per galon.

“Masih terus saja kalau kekeringan mah, selain pakai air galon, warga juga biasanya pakai sumur bagi yang punya atau sumber air yang dari CSR Indah Kiat. Kalau pengiriman air dari BPBD juga masih terus dilakukan,” ujarnya.

Disinggung soal pencemaran, menurut Suryadi, saat ini kondisi aliran Sungai Ciujung sudah mulai membaik. Air di sungai itu sudah tidak berbau seperti beberapa bulan terakhir. “Biar udah enggak bau juga tapi enggak bisa digunakan. Karena memang pendangkalan sungainya,” ucap Suryadi.

Setelah musim penghujan, dia berharap Sungai Ciujung tidak kembali tercemar. Menurut dia, pemerintah harus tegas menindak perusahaan pembuangan limbah ke sungai. “Jangan cuma ngomong doang, tapi disanksi tegas perusahaannya,” tuturnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang telah mendistribusikan 590.000 ribu air bersih ke 47 desa di 11 kecamatan terdampak kekeringan.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, total air yang telah didistribusikan hingga hari ini mencapai 590.000 liter. “Masih kekeringan, dan pengiriman air masih berlangsung,” ujarnya kepada Kabar Banten, Jumat (21/9/2018).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diprediksi kekeringan ini akan berlangsung hingga Oktober. “Kemungkinan sampai di bulan Oktober. Tapi belum bisa dipastikan,” katanya. (DN)*


Sekilas Info

Pemuda Karang Taruna Lopang Indah Senang Ikut Senabung

Pemuda Karang Taruna Taman Lopang Indah yang terdiri dari Gelar, Azmi, Andre dan Rian, Jum’at …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *