Minggu, 24 Juni 2018
Suasana tes tulis berbasis komputer untuk menjaring calon Komisioner KPU Banten.*

45 Calon Komisioner KPU Banten Lolos CAT

SERANG, (KB).- Sebanyak 45 dari 60 orang calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten lolos tulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) yang dilaksanakan di Kampus Universitas Serang Raya (Unsera), Rabu (7/3/2018). Mereka berhak mengikuti tahapan tes psikologi yang akan dilaksanakan di Fakultas Psikologi Universitas Islam negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Rabu hingga Kamis (7-8/3/2018).

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Komisioner KPU Provinsi Banten, Lili Romli menuturkan, selama tes tulis peserta mengerjakan 120 soal, terdiri atas materi tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Kepemiluan, Ketatanegaraan, Kepartaian, dan Lembaga Penyelenggara Pemilu.

Seluruhnya harus diselesaikan dalam waktu maksimal 100 menit. “Berdasarkan peraturan dan surat edaran harus langsung diumumkan ketika selesai tes tulis dan kami sudah umumkan kepada para peserta,” katanya. Penentuan kelulusan dilihat berdasarkan nilai tertinggi sampai terendah, kemudian diketahui siapa saja yang nilainya memenuhi standar. “Nilainya dari pengerjaan lembar jawaban. Soal, terdiri dari pilihan ganda, benar salah, sebab akibat , dan soal skala sikap,” ujar peneliti LP tersebut.

Pada saat tes, peserta yang hadir hanya 59 orang atau berkurang seorang dari jumlah 60 orang yang lolos penelitian administrasi.
“Dari jumlah 59 ini, kemudian kami ambil jumlah maksimal yang lulus tes tulis sebanyak 45 orang. Sengaja kami ambil angka maksimal untuk memberikan kesempatan luas kepada peserta,” ucapnya.

Disinggung tentang persiapan tes psikologi, dia mengatakan, bahwa tes psikologi akan melibatkan para psikolog dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Bentuk tes psikologi dibagi menjadi tes tulis, dinamika kelompok dan wawancara oleh psikolog. “Kami tidak tahu soalnya, mereka (psikolog) yang buat,” tuturnya.

Dalam tes psikologi, timsel ingin menguji intelegensi, kepemimpinan, kemandirian, integritas, dan emosional para calon Komisioner KPU Banten. Dari tes psikologi, pihaknya akan mengambil maksimal 42 orang. “Kami mintakan seperti itu. Nanti tim psikolog yang membentuk,” katanya.

Setelah tes psikologi peserta yang lolos, kemudian mengikuti tes kesehatan yang digelar di Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang. Tes tersebut bersamaan dengan tes wawancara oleh timsel. Peserta yang lolos maksimal 14 orang untuk selanjutnya diserahkan ke KPU RI. “14 orang yang akan kami kirim ke KPU RI untuk diputuskan 7 orang sebagai Komisioner KPU Banten,” ujarnya. (SN)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *