40 Warga Mancak Keracunan

SERANG, (KB).- Sebanyak 40 orang warga Desa Ciwarna, Sangiang dan Pasir waru Kecamatan Mancak diduga alami keracunan ikan pindang, Rabu (19/6/2019). Akibatnya puluhan warga tersebut mengalami mual-mual, muntah hingga sakit perut dan harus mendapatkan perawatan medis.

Salah seorang warga Mancak Anton Daeng Harahap mengatakan, peristiwa itu terjadi saat pagi hari seorang pedagang ikan pindang yang berinisial SM warga Desa Pasaruan Kecamatan Cinangka lewat di desa tersebut. Tanpa ada curiga, warga pun membeli ikan yang dijajakan tersebut. “Pedagang sudah biasa jualan,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Kemudian kata Daeng, sekitar pukul 11.00 siang, warga mulai mengkonsumsi ikan yang dibeli tersebut. Namun kemudian mereka mengalami gejala mual, muntah, hingga sakit perut.

Ia mengatakan pada awalnya ada 17 orang yang harus diinfus akibat keracunan tersebut. Dari jumlahnya itu 7 orang diantaranya mengalami keracunan cukup parah. “Total korban ada 40 orang itu sama kampung sebelah, Desa Pasir waru,” ucapnya.

Untuk sementara kata dia, korban dibuatkan posko di MTs Pasirgadung. Sedangkan bagi mereka yang sudah membaik beberapa mulai diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. “Kalau yang parah dirujuk ke Serang (RSDP),” katanya.

Disinggung soal penjual pindang, Daeng mengatakan dia dibiarkan saja. Sebab ia sudah biasa berjualan di wilayah tersebut. “Mana tahu beracun, dibiarin aja orang dia juga kasihan. Ini pertama kali kalau dijualan mah, kalau di hajatan pernah. Dia asli dari Pasauran,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Sri Nurhayati belum dapat dikonfirmasi atas kejadian tersebut. Pihaknya tidak menangangkat sambungan telfon dan pesan whatsapp. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here