4 OPD Pemkot Tangerang Dimerger

TANGERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang merampingkan organisasi perangkat daerah (OPD). Perampingan tersebut, dengan cara menggabungkan empat OPD menjadi dua OPD.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, OPD yang digabungkan adalah Dinas Koperasi dan UKM (Dinkopukm) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Sementara, Dinas Perumahan dan Permukiman digabungkan dengan Dinas Pertanahan.

Ia menyebutkan, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi saat ini diduduki Tedi, sedangkan Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertahanan kepalanya dijabat Tatang Sutista.

“Kalau pak Herman (mantan Kadisperindag) sementara menjadi staf khusus saya,” katanya, Ahad (5/1/2020).

Orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut, tak menjelaskan lebih jauh ihwal tujuan penggabungan organisasi tersebut. Namun, sebelumnya dia menyebutkan alasan OPD tersebut, digabung kembali, karena satuan kerjanya sering saling lempar tanggung jawab, misalnya dalam penataan pedagang kaki lima (PKL).

“Contohnya begini, kami mau penataan PKL itu urusannya ada dua, di Disperindag ada, di Diskop UKM ada. Nah, akhirnya saling lempar tanggung jawab. Kan kami gabungin, karena PKL itu di Diskop UKM masuk, di Disperindag masuk. Kemudian, yang pertanahan itu dulu semangatnya adalah kami ingin semua tersentralistik,” ujarnya.

Sehingga, lanjut dia, seluruh pegawai di SKPD bisa melaksanakan program, misalnya membuat jalan dan jembatan. Itu tugasnya Dinas Pertanahan, hanya saja aturannya di pusat pengadaan tanah harus di masing-masing SKPD.

“Padahal, kalau ini bisa dilaksanakan sebenarnya akan jauh lebih efisien,” ucapnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here