Rabu, 26 September 2018

393 Sekolah tidak Bisa Seleksi ke PTN

SERANG, (KB).- Sebanyak 393 sekolah di Provinsi Banten tidak bisa mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2018. Hal tersebut dikarenakn sekolah tidak bisa mengisi data ke dalam pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS).

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Ardius Prihantono mengatakan, 393 sekolah kemungkinan tidak bisa mendaftarkan diri di PDSS. Sampai batas waktu yang ditentukan sekolah belum juga untuk mendaftarkan PDSS dan tentunya dipastikan tidak dapat mengikuti seleksi.

“Sekolah yang tidak bisa mengikuti seleksi SNMPTN ke perguruan tinggi bisa disebabkan tidak bisa mendaftarkan diri di PDSS. Pada saat proses pengisian PDSS tidak selesai sampai batas waktu yang ditentukan, bisa karena sekolah belum memvalidasi dan melakukan finalisasi untuk mendapatkan PIN dan password siswa, karena ada beberapa poin yang belum lengkap,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, beberapa sekolah tidak mengetahui bagaimana mendaftarakan siswa untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi. Bagaimana proses pelaksanaan online input data PDSS. Perlu adanya sosialisasi untuk mengikutsertakan siswanya SNMPTN.
“Saat ini kami masih berupaya untuk melenusuri ke pihak-pihak bidang teknis di mana letak permasalahan untuk evaluasi lebih lanjut terhadap sekolah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator SNMPTN 2018, Tunjung Wahadi menuturkan, tidak ada lagi perpanjangan waktu pengisian PDSS untuk SNMPTN 2018. Oleh karena itu, bagi sekolah yang telah mengisi data, namun belum finalisasi sampai waktu yang ditentukan, dipastikan tidak dapat mengikuti seleksi.

“Jumlah sekolah mengisi data ke PDSS itu sebanyak 18.553 sekolah, adapun yang sudah finalisasi hanya 16.049 sekolah. Siswa yang verifikasi ada sebanyak 1.118.137 siswa. Pendaftaran online SBMPTN 2018, yakni mulai Kamis hingga Jumat (5-27/4/2018), pelaksanaan tes pada Selasa (8/5/2018), ujian keterampilan pada Rabu hingga Jumat (9-11/5/2018), dan pengumuman hasil seleksi pada Selasa (3/7/2018),” tuturnya. (DE)***


Sekilas Info

Kenalkan Sejarah Sejak Dini, Murid SDN Kesaud Diajak Kunjungi Museum Negeri Banten

SERANG, (KB).- Sebanyak 49 murid SDN Kesaud berkunjung ke Museum Negeri Banten, di Kota Serang, Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *