Jumat, 21 September 2018

385 Jemaah Haji Kloter Pertama Segera Berangkat

TANGERANG, (KB).- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang akan memberangkatkan 385 jemaah calon haji (calhaj) mulai Selasa (17/7/2018), pekan depan. Ratusan jemaah calhaj tersebut, masuk dalam kloter pertama yang berangkat menuju Tanah Suci melalui embarkasi Pondok Gede, Jakarta.

“Seluruh jemaah calhaj asal Kota Tangerang sudah siap berangkat dan terbagi menjadi tiga kloter di gelombang pertama, yakni tanggal 17, 19, dan 25 Juli 2018. Hanya kami tinggal menanti hasil tes kesehatan terakhir di Pondok Gede,” kata Dedi Mahfudin, Kepala Kemenag Kota Tangerang, Jumat (13/7/2018).

Ia menjelaskan, tahun ini Kota Tangerang memberangkatkan jemaah calhaj sebanyak 1.914. Berbeda dari tahun sebelumnya, pemberangkatan jemaah calhaj tahun ini mengalami peningkatan sebesar 179 jemaah. “Ada juga jemaah yang tidak bisa berangkat, karena meninggal dunia. Namun, 99,9 persen jemaah sudah siap diberangkatkan,” ujarnya.

Ia menuturkan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan sejumlah dokter kloter jemaah calhaj. Koordinasi tersebut bertujuan untuk terus memantau kondisi kesehatan jemaah. Karena, cuaca ekstrem di Tanah Suci menjadi kendala jemaah calhaj dalam menjaga kesehatan mereka. Terlebih pada dehidrasi yang sudah pasti akan dialami para jemaah.

“Kami berkoordinasi dengan dokter kloter, agar terus bisa mengingatkan jemaah, agar tidak kurang minum dan makan buah-buahan, sehingga tidak dehidrasi. Lalu, jangan makan sembarangan ketika di Tanah Suci, karena di sana itu banyak penjual makanan di pinggir jalan setiap pagi,” ucapnya.

Menurut dia, penjual makanan di pinggir jalan tersebut, tidak dapat dipastikan bebas dari debu yang dapat mengganggu kesehatan jemaah. “Banyak orang yang bilang debu itu tidak kenapa-kenapa. Kami bicara debu itu kotor dan dapat menggangu kesehatan mereka (jemaah),” tuturnya. (DA)*


Sekilas Info

Bazar Buku Festival Al Azhom Diburu Pengunjung

TANGERANG, (KB).- Bazar buku di Festival Al Azhom, Kota Tangerang banyak diburu para pengunjung. Pasalnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *