Minggu, 24 Juni 2018
pilkades serentak pandeglang

33 Desa Gelar Pilkades Serentak

SERANG, (KB).- Sebanyak 33 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Serang melaksanakan pencoblosan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Ahad (26/11/2017). Meski diwarnai hujan deras sejak pagi hingga sore hari, namun hal tersebut tak mengurangi antusiasme warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Pantauan Kabar Banten, pelaksanaan pencoblosan tersebut dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Warga yang datang ke lokasi tersebut harus membawa surat panggilan dan juga kartu tanda penduduknya sebagai identitas. Setelah itu, warga dipanggil satu per satu untuk masuk ke bilik suara. Pengamanan ketat, juga dilakukan personel dari TNI dan kepolisian.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, dari tiga lokasi yang dipantaunya, antusiasme masyarakat untuk memilih pemimpinya sangat kuat. Dari hasil pantauannya hingga pukul 12.00 WIB, tercatat 80 persen suara sudah masuk ke dalam kotak suara. “Artinya masyarakat ingin betul-betul memperoleh pemimpin yang definitif,” katanya saat meninjau lokasi pencoblosan, di Desa Seuat Jaya, Kecamatan Petir.

Menurut dia, pelaksanaan pilkades tersebut cukup bagus, baik dari sisi administrasi hingga keamanan. Ia mengucapkan terima kasih kepada komponen wilayah dari unsur Koramil, Polsek, dan Polres yang telah membantu penyelenggaraannya. “Sehingga, penyelenggaraan bisa berjalan aman dan tertib juga sukses,” ujarnya.

Menurut dia, apapun hasil dari pencoblosan tersebut, harus diterima dengan lapang dada. Untuk calon yang belum berkesempatan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, ucap dia, jangan berkecil hati. Sebab, masih banyak lapangan pengabdian selain menjadi kepala desa. “Dukung kepala desa terpilih tanpa berbuat yang aneh-aneh,” ucapnya.

Partisipasi tinggi

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Rudi Suhartanto menuturkan, berdasarkan hasil pantauan, pihaknya masih belum menerima laporan terkait adanya kejanggalan atau kecurangan dari semua desa peserta pilkades. “Aman, belum ada laporan,” tuturnya.

Meski sejak Subuh sudah diguyur hujan deras, namun tidak menyurutkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS. “Hujan dari Subuh, tapi begitu hujan reda langsung (ke TPS). Ada yang hujan terus berhenti dan hujan lagi juga. Tapi, enggak membuat masyarakat terhambat,” katanya.

Ia mengatakan, partisipasi warga yang ikut dalam pilkades kali ini berada di kisaran angka 80-90 persen. Meski demikian, angka tersebut masih belum bisa dibilang valid, sebab baru perkiraan. “Kalau untuk validnya nanti setelah selesai semuanya baru ketahuan. Tadi saya mantau di wilayah barat dan utara,” ujarnya. (DN)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *