30 SMPN di Kabupaten Serang Laksanakan PPDB

SERANG, (KB).- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN di Kabupaten Serang dilaksanakan oleh 30 sekolah, yang akan dibuka pendaftaran pada 17 Juni mendatang.

Dibandingkan dengan tahun lalu, sekolah penerima peserta didik mengalami peningkatan, karena hanya 18 sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala seksi (Kasi) Peserta Didik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Aat Supriyadi, di Disdikbud Kabupaten Serang, Selasa (28/5/2019).

“Tahun ini ada 30 sekolah yang akan menggunakan PPDB dengan sistem zonasi, dibandingkan dengan tahun lalu mengalami peningkatan,” kata Aat kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pelaksanaan PPDB dilakukan secara bertahap. Mekanismenya baru saja selesai dibahas teknis operasional PPDB online terhadap 30 sekolah tersebut.

“Syarat untuk mendaftar PPDB tersebut calon siswa yang masuk kelas VII memiliki usia maksimal 15 tahun pada 1 Juli 2019, memilki ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB). Selanjutnya menggunakan Syahadah Diniyah Awaliyah atau surat keterangan dari penyelenggara Diniyah. Kalau tidak membuat surat pernyataan bersedia mengikuti program penyetaraan Diniyah, pengecualian bagi non muslim dan lulusan Madrasah ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT),” tuturnya.

Ia menjelaskan, PPDB online menggunakan sistem yang diaplikasikan menggunakan zonasi jarak. Hal tersebut sangat representatif dengan kondisi peserta didik yang dekat dengan sekolah tersebut. Pada seleksi calon siswa baru diprioritaskan sesuai daya tampung yakni jarak tempat tinggal ke sekolah.

“Jarak tempat tinggal ke sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi, 90 persen daya tampung sekolah, 5 persen prestasi akademik dan non akademik, 5 persen perpindahan. Bagi sekolah yang menggunakan sistem offline dapat dilakukan dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang menjadi tujuan,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here