30 Persen Aplikasi Pemkot Tangerang tidak Dipakai

TANGERANG, (KB).- Sebanyak 174 aplikasi smartphone telah dibuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, untuk memudahkan kinerja organisasi dan pelayanan publik. Namun, menurut Kabid Pengembangan Aplikasi Manajemen Pemerintahan Diskominfo Kota Tangerang, Adhi Zulkifli, tak seluruhnya aplikasi tersebut aktif dipakai.

Ia mengatakan, jika dipersentasekan, 70 persen dari 174 aplikasi mendominasi pemakaian, selebihnya, yaitu 30 persen tidak efektif dimaksimalkan oleh user. “Kalau aplikasi yang sudah dibangun 174. Tapi, dari itu banyak yang tidak dipakai, rencana mau di-update,” katanya, belum lama ini.

Menurut dia, dari 174 aplikasi tersebut, 84 di antaranya digagas khusus untuk membantu kinerja organisasi, yaitu portal e-Gov, sedangkan 90 sisanya merupakan aplikasi untuk pelayanan publik, yaitu Tangerang Live. Dikarenakan kurang maksimal digunakan, dia menuturkan, pihaknya akan mengoptimalkan aplikasi tersebut, sehingga dapat bermanfaat baik bagi kinerja organisasi maupun pelayanan publik di Kota Tangerang.

“Kami akan evaluasi. Yang penting harus bagaimana user, ngikutin user, karena kami bangun dari 174 belum semua dipakai,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menegaskan, bahwa aplikasi Tangerang Live yang menjadi rumah dari sekian banyak aplikasi yang dimiliki oleh Pemkot Tangerang. “Sejak tahun 2013, kami sudah mulai menyusun aplikasi yang bisa membantu Pemerintah Kota Tangerang,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tangerang juga menyampaikan tentang perjalanan Pemerintah Kota Tangerang dalam menjalankan konsep Smart City dalam sistem birokrasi di Pemkot Tangerang. “Di tahun 2016, kami membuat 170 aplikasi yang terintegrasi satu sama lain.

Sekarang di tahun 2018, kami sempurnakan menjadi Tangerang Live 3.0 dengan menggunakan sistem geospasial. Jadi, alurnya 2016 1.0 integrasi aplikasi, 2017 2.0 layanan publik, dan 2018 3.0 aplikasi geospasial,” tuturnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here