3.624 Ponpes Akan Diguyur Rp 20 Juta

SERANG, (KB).- Sebanyak 3.624 pondok pesantren (ponpes) se-Banten akan diguyur dana operasinal oleh Pemprov Banten senilai Rp 20 juta per ponpes. Bantuan tersebut diberikan untuk seluruh model ponpes, baik modern maupun salafi. Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, bantuan diberikan, karena banyak ponpes di Banten yang dinilai masih membutuhkan intervensi dana operasional dari Pemprov Banten.

“Gubernur memberikan dorongan moral terhadap program pembangunan pesantren, diberikan perhatian,” katanya seusai Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten, dengan agenda penyampaian nota pengantar gubernur mengenai Rancangan Peraturan Daerah (raperda) tentang APBD Provinsi Banten 2018 di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, Selasa (21/11/2017).

Jika memungkinkan, pada 2019 mendatang jumlah uang bantuan yang diberikan akan bertambah. “Bantuan untuk seluruh pesantren yang datanya dari data FSPP (Forum Silaturahmi Pondok Pesantren), kalau (data) kurang cari lagi,” ujarnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Banten, Irvan Santoso menuturkan, bantuan yang diberikan tersebut rencananya tidak hanya sebatas bagi-bagi uang. Akan tetapi, pihaknya akan menentukan untuk apa saja uang dengan jumlah tersebut boleh digunakan ponpes.

Namuan demikian, karena pemberikan bantuan dana tersebut baru sebatas rekomendasi, maka pihaknya belum membahas terkait teknis pelaksanaan penyalurannya. Jika sudah disetujui, baru kemudian teknis tersebut akan disusun. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here