Kamis, 21 Juni 2018

28 Rumah Diterjang Puting Beliung

SERANG, (KB).- Bencana alam puting beliung telah menerjang sebanyak 28 rumah di Kampung Pandek, Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (28/2/2018) sekitar pukul 11.00. Dari puluhan rumah, tiga rumah di antaranya mengalami rusak berat.

Camat Kasemen, Subagio mengaku, dari 28 rumah yang diterjang puting beliung tersebut 3 rumah di antaranya mengalami rusak berat. “Kurang lebih sekitar 20 menit kejadiannya. Yang terkena dampaknya ada 28 rumah dan 3 rumah rusak parah,” kata Subagio saat dihubungi Kabar Banten, Rabu (28/2).

Namun setelah kejadian tersebut, seluruh jajaran bersama warga sekitar langsung bergotong royong langsung memperbaiki rumah yang rusak. Sebagian rumah yang gentengnya roboh, langsung diperbaiki bersama dan tidak ada warga yang mengungsi menggunakan tenda darurat.

“Yang atap-atapnya terbang sudah diperbaiki, kecuali bagi bangunan yang perlu tambahan atau memakai asbes itu belum diganti. Untuk bangunan inti sudah selesai semua, nanti malam juga beres,” katanya.

Dia mengatakan, bantuan pun langsung diberikan berupa sembako kepada warga yang terkena musibah puting beliung. Selain itu, dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, hanya mengalami luka ringan yang banyak dialami anak-anak. “Ada 4 orang. Cuma lecet, benjol terkena pecahan asbes,” ucapnya.

Saat kejadian tersebut, dia menuturkan, tim dari BPBD Kota Serang, PMI Kota Serang serta petugas dari Puskesmas Kasemen ikut membantu warga sekitar. “Pesisir pantai memang sering, karena daerah sana kan dekat pantai. Tahun kemarin juga pernah terjadi, ada 2 rumah yang sampai roboh,” tuturnya.

Dibandingkan tahun ini, lebih banyak rumah yang terkena dampaknya hingga puluhan rumah. Namun langsung ditangani dengan cepat. “Tahun ini mungkin yang lebih banyak rumahnya yang rusak dibandingkan tahun kemarin,” ucapnya.

Kepala BPBD Kota Serang, Galib menuturkan, petugas BPBD Kota Serang secara tanggap langsung membantu warga sekitar yang rumahnya mengalami rusak berat. “Memang benar ada puting beliung di Kampung Pandek karena di sana kan dekat pantai jadi memang sering terjadi,” katanya.

Hingga saat ini, BPBD Kota Serang mencatat tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut. Selain itu, kerusakan rumah langsung diperbaiki bersama dengan warga sekitar, sehingga tidak ada pemasangan tenda darurat. (TM)***


Sekilas Info

Para Calon Anggota Legislatif Wajib Tahu Ini

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 dengan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *