27 Bus Siap Layani Angkutan Lebaran

SEBANYAK 27 unit bus di Terminal Mandala dipastikan siap melayani angkutan Lebaran tahun ini. Sebab, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) tersebut dinyatakan dalam kondisi baik atau layak beroperasi.

Koordinator Satuan Pelayanan Termin Mandala Cibadak, Lina Darlina mengatakan, pihaknya sudah mendata jumlah bus di Terminal Mandala untuk angkutan penumpang lebaran nanti.

Dari hasil pendataan, ada sekitar 27 bus yang siap melayani angkutan arus mudik lebaran nanti. Jumlah ketersediaan bus tersebut, sementara ini memang masih relatif minim.

“Ke 27 unit bus itu sudah dipastikan dalam kondisi layak jalan sebagai angkutan lebaran,” kata Lina Darlina, Ahad (19/5/2019).

Meski demikian, kata dia, kemungkinan mendekati arus mudik lebaran akan bermunculan bus cadangan yang layak dioperasikan sebagai bus angkutan lebaran. Namun, bisa juga tidak ada lagi tambahan bus cadangan, karena setelah dicek kondisinya tidak laik jalan.

“Sebanyak 27 bus itu, di antaranya jurusan Rangkasbitung-Cikarang dan Rangkasbitung-Tanjungpriuk,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak, Sumardi mengatakan, untuk ditetapkan menjadi bus angkutan lebaran harus melalui pemeriksaan ketat. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat busnya tidak layak dioperasikan.

“Koordinator satuan pelayanan Terminal Mandala tentu sangat hati-hati menetapkan bus angkutan lebaran yang layak dioperasikan,” kata Sumardi. (Nana Djumhana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here