2021, Tol Serpong-Balaraja Beroperasi

TANGERANG, (KB).- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) bisa dioperasikan pada 2021. Hal tersebut diungkapkan saat Basuki mendatangi lokasi pembangunan proyek jalan Tol Serbaraja.

Proyek jalan tol yang akan menghubungkan area Serpong dan Balaraja tersebut dicetuskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dan diprakarsai oleh Sinar Mas Land pada 2012. “Pembangunan Tol Serpong-Balaraja memperlihatkan progres yang signifikan dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan,” katanya, Ahad (22/9/2019).

Ia menuturkan, pembangunan Jalan Tol Serbaraja merupakan salah satu contoh jalan tol yang diinisiasi oleh pihak swasta untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan jaringan jalan yang menghubungkan area Serpong dan Balaraja yang berada di Kabupaten Tangerang.

“Jalan tol ini sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor. Konstruksi seluruhnya direncanakan rampung pada 2024. Untuk seksi 1 sekitar 10 km direncanakan selesai pada 2021, karena sebagian besar lahan dimiliki investor, sehingga proses konstruksi bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Pembangunan Tol Serpong-Balaraja sepanjang 39.8 km dibagi dalam tiga seksi: BSD City-Legok (11.3 km), Legok-Tigaraksa Selatan (10.7 km) dan Tigaraksa Selatan-Balaraja (17,8 km) yang konstruksi proyek jalan tolnya telah dimulai sejak Juli 2019. Diketahui, proyek tersebut, dicetuskan oleh Pemkab Tangerang dan diprakarsai oleh Sinar Mas Land pada 2012.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, bahwa Tol Serbaraja tersebut, jadi salah satu jaringan tol inisiatif daerah, dan Tol Serbaraja akan menyambungkan titik TB Simatupang ke BSD sampai ke Balaraja di Tol Jakarta-Merak. Kemudian, berikutnya ada Tol Balaraja-Bandara Soekarno Hatta, itu semua sudah tertuang di tata ruang Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten.

“Tol Serbaraja ini, adalah inisiatif daerah, kemudian dilaksanakan oleh swasta artinya ini semuanya full investasi oleh swasta dan tol ini juga paralel dengan jalur rel kereta ke Maja, jadi nanti ada beberapa titik interchange yang menghubungkan jalan Tol Serbaraja ke Maja,” katanya saat mendampingi Menteri PUPR di lokasi pembangunan tol.

Ia menambahkan, dengan adanya Tol Serbaraja tersebut, sangat membantu sekali penyebaran daerah urban yang ada di wilayah Tangerang sampai nanti ke wilayah Lebak Maja dan meningkatkan juga aksesibilitas masyarakat serta tentu saja daerah yang dilintasi akan bertumbuh dan berkembang secara otomatis.

Sementara, Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja dan Saleh Husin menuturkan, ruas tol tersebut, diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan wilayah Kabupaten Tangerang, khususnya kawasan BSD City dan sekitarnya.

Ruas tol tersebut, diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan wilayah Kabupaten Tangerang, khususnya kawasan BSD City dan sekitarnya. Dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city, Sinar Mas Land mengedepankan aspek mobilitas yang akan memudahkan pergerakan dan transportasi masyarakat. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here