2020, Baznas Kabupaten Serang Perbaiki 80 Rutilahu

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang memproyeksikan dapat memperbaiki 80 rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada 2020. Perbaikan tersebut akan diupayakan merata di seluruh kecamatan di Kabupaten Serang.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich menuturkan, pihaknya berencana untuk memperbaiki 80 rutilahu di tahun depan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu menuntaskan persoalan rutilahu yang ada di Kabupaten Serang. Selain itu, perbaikan rutilahu juga merupakan salah satu program prioritas Baznas Kabupaten Serang.

“Kami rencananya akan bangun 80 Rutilahu di tahun depan. Rutilahu kan setiap tahun sudah menjadi program unggulan kami,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Dia menjelaskan, pembangunan tersebut akan dilakukan di semua kecamatan. Satu kecamatan ada yang akan dibangun 20 Rutilahu. Namun klasifikasinya, kecamatan tersebut paling banyak memiliki rutilahunya dibandingkan kecamatan lain. “Kami akan meminta data kecamatan tersebut dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Serang,” katanya.

Untuk kecamatan lainnya, Wardi mengatakan, perbaikan rutilahu berdasarkan permintaan dari kecamatan atau permintaan warga lansung. Untuk tahun ini pihaknya menargetkan 70 pembangunan rutilahu yang dilakukan di semua kecamatan. Hingga saat ini proses pembangunan masih berjalan dan dipastikan akhir tahun selesai.

“Kalau tahun ini ada 70 Rutilahu dan sekarang masih berjalan. Prediksi paling akhir tahun atau Desember itu sudah selesai semuanya,” ucapnya.

Selain menargetkan untuk perbaikan rutilahu, pihaknya juga mengharapkan infaq yang bersumber dari semua Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun depan akan meningkat. Hasil pengumpulan infaq tersebut juga akan digunakan untuk pembangunan rutilahu. Sehingga jika infaq lebih besar akan lebih banyak rumah yang dibangun. 

“Kalau tahun ini per rumah Rp 25 juta. Sampai November sudah ada 21 rumah yang dibangun dari hasil infaq ini. Mudah-mudahan tahun depan infaq dari ASN lebih besar,” ujarnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here