2019, PAD Kabupaten Serang Ditargetkan Naik Signifikan

SERANG, (KB).- Komisi III DPRD Kabupaten Serang berharap, penghasilan asli daerah (PAD) dari berbagai sektor di Kabupaten Serang meningkat signifikan. Untuk sementara pada 2019, PAD ditargetkan meningkat menjadi Rp 714 miliar dari Rp 650 miliar.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang, Mansur Barmawi mengatakan, pihaknya selalu mengawal peningkatan PAD setiap tahunnya. Memaksimalkan PAD dari potensi yang ada di Kabupaten Serang. “Sehingga, pendapatan asli daerah terus meningkat. PAD penting, untuk pembangunan daerah. Kalau pendapatan daerah kecil, program pemkab juga tidak akan berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menuturkan, 2019 Komisi III konsen pada masalah pendapatan terutama PAD akan terus dikawal, agar dapat meningkat. Pada 2018 PAD Kabupaten Serang hanya Rp 650 miliar. “Di 2019 diharapkan bisa meningkatkan menjadi Rp 714 miliar. Jadi, ada peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

Potensi untuk mencapai target PAD tersebut, ucap dia, masih sangat banyak. “Ini tinggal bagaimana caranya, agar potensi yang ada menjadi pendapatan, sehingga nanti terus meningkat,” tuturnya.

Menurut dia, beberapa potensi yang belum tergarap, seperti penambangan, pajak restoran, pajak parkir, BPHTB, dan PBB juga masih ada potensi, untuk ditingkatkan pendapatannya. Pengawalan yang dilakukan Komisi III dalam upaya peningkatan pendapatan tersebut, kata dia, yakni melakukan penguatan dalam pengawasan.

Selain mengawal peningkatan pendapatan asli daerah, ujar dia, Komisi III juga mendorong Pemkab Serang, agar intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait dana dana bantuan, bagi hasil pajak, DAK, dan lainnya, agar dapat dimaksimalkan, sehingga membantu pembiayaan pembangunan di Kabupaten Serang. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here