Minggu, 24 Juni 2018

2018, Pandeglang Fokus Kembangkan Wisata

Dinas Pariwisata Pandeglang tahun ini menetapkan target pembangunan sarana dan prasarana untuk menopang sektor kepariwisataan. Penetapan program pembangunan tersebut
bertujuan mengembangkan sejumlah objek wisata yang belakangan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

“Ada tiga wisata pantai yang masih menjadi primadona para pecinta wisata. Yakni Pantai Carita, Pasir Putih dan Perhutani. Tiga objek wisata ini menjadi andalan wisata Pandeglang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pandeglang, Salman Sunardi kepada Kabar Banten, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk membangun sarana fisik seperti spot-spot tempat santai pengunjung. Karena sarana tersebut sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang singgah di objek wisata pantai,” ujarnya.

Selain spot-spot wisata, pemerintah akan menata kawasan wisata dengan membangun sarana yang bisa dijadikan lokasi pamer pose para pengunjung. Karena, wisata tanpa dilengkapi wahana tentu tidak akan menarik perhatian wisatawan. Sedangkan untuk wisata pantai banyak disinggahi pengunjung, terutama memasuki akhir pekan.

“Mudah-mudahan tahun ini kita bisa menata destinasi wisata pantai yang ada di Pandeglang. Termasuk wisata Situ Cikedal akan dilengkapi sarana kuliner dan tempat-tempat yang bisa dijadikan lokasi untuk pamer potret wisatawan,” ucapnya.

Selain wisata pantai, pemerintah akan merencanakan pembangunan rest area atau tempat peristirahatan kendaraan wisata yang masuk ke Pandeglang. Salah satunya rencana pembangunan rest area Panimbang. “Kita sudah siapkan desain pembangunannya. Anggarannya disiapkan Rp 1,6 miliar dan akan segera dilelangkan,” tuturnya.

Menurut dia, progres pembangunan yang telah direncanakan itu diharapkan bisa terwujud hingga akhir tahun ini. Sehingga, pariwisata Pandeglang menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Selain itu, lanjut Salman, daerahnya punya banyak tempat wisata alam. Seperti alam Turalak yang memiliki keindahan alam yang memesona. Banyak panorama alam yang begitu natural dan cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga.

“Kita sedang kerja keras untuk menggenjot pembangunan fisik pariwisata. Karena Pandeglang masuk salah satu dari pengembangan 10 Bali baru. Kita punya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Dan mudah-mudahan KEK kembali menjadi skala prioritas program setrategis nasional,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Pandeglang, Hadi Mawardi menyambut baik program pemerintah untuk membangun fasilitas wisata. Karena, sektor wisata akan menjadi andalan kemajuan daerah. “Ya, Pandeglang dikenal sebagai daerah wisata pantai dan wisata alam. Jadi, saya kira sudah waktunya pemerintah untuk mengelola potensi wisata menjadi bagian dari kemajuan daerah,” ujarnya. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Gunung Pinang Jadi Primadona

Gunung Pinang merupakan salah satu dataran tinggi yang berada di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *