2017, Capaian Vaksin Difteri 50%

SERANG, (KB).- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Toyalis mengatakan, cakupan vaksin difteri tahap pertama hanya 50,5 persen. Alasannya, waktu yang sempit dan banyaknya kegiatan dinas kesehatan saat akhir tahun serta masuknya waktu liburan menjadi kendala vaksinasi.

Toyalis mengatakan, Dinkes akan segera memberikan vaksin ke sekolah-sekolah yang belum menerima vaksin pada saat masuk sekolah nanti. Pemberian vaksin difteri sendiri maksimal tiga kali dilakukan dengan jarak antara pemberian vaksin pertama dan kedua selama satu bulan.

Sementara jarak antara pemberian vaksin kedua dan ketiga adalah enam bulan. “Karena kita mulai (pemberian vaksin difteri) 11 Desember, harusnya 11 Januari ini sudah mulai lagi dan kami optimistis pemberian vaksin akan dapat tercapai,” kata Toyalis kepada Kabar Banten, Ahad (7/1/2018).

Dinkes Kota Serang menargetkan sebanyak 238.000 anak usia 1-18 tahun akan diberi vaksin difteri pada tahap kedua. Meski belum tercapai 100 persen tetapi Toyalis optimistis target tersebut akan tercapai. “Kita targetkan pemberian vaksin mencapai 100 persen,” ucapnya.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Serang Tedja Ratri mengatakan, pemberian vaksin tahap kedua akan dilakukan menggunakan metode yang sama, yaitu pemberian vaksin di tingkat masyarakat dan sekolah. (Masykur/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here