200 E-Warong di Kabupaten Serang Siap Beroperasi

SERANG, (KB).- Sebanyak 200 elektronik warung gotong royong (e-Warong) di Kabupaten Serang siap beropersi untuk menyalurkan bantuan pangan non-tunai (BPNT) yang direncanakan akan dimulai Juni 2019. Ratusan e-Warong tersebut tersebar di 29 kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang Euis Linda Mutia mengatakan, untuk menyiapkan program tersebut, pihaknya saat ini akan mengajukan pembukaan rekening kolektif ke Kementerian Sosial (Kemensos). Pihaknya juga akan membantu memenuhi sarana dan prasarana di 200 titik e-Warong tersebut.

“Bulan depan sudah mulai berjalan program BPNT ini. Tinggal menunggu dari Kemensos saja,” katanya saat ditemui seusai menghadiri rapat evaluasi persiapan BPNT di Dinsos Kabupaten Serang, Kamis (9/5/2019).

Ia menjelaskan, saat penerapan BPNT suplayer bukan lagi dari Bulog Sub Divre Serang. Suplayer akan ditentukan oleh Kemensos, sebab sudah ada beberapa calon yang ditunjuk sebagai suplayer untuk program BPNT tersebut. “Nanti ada suplayer sudah ada ketentuannya dari Kemensos. Ada beberapa calon, tapi yang menunjuk pusat,” ujarnya.

Untuk sistem BPNT, ucap dia, sesuai dengan yang telah diatur sebelumnya oleh pusat. Keluarga penerima manfaat (KPM) nantinya akan menerima kartu dari bank untuk membeli beras ataupun telur di e-Warong. Sementara, untuk pengelola e-Warong akan dibentuk KUBE yang isinya, adalah KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH) maupun non-PKH.

“Jadi, untuk pengelola e-Warong akan dibentuk kelompok namanya KUBE. Pengelolanya KPM dari PKH atau non-PKH yang merupakan KPM,” tuturnya.

Ia menurturkan, kartu yang dimiliki oleh KPM berisi nominal angka Rp 110.000 per bulan. KPM hanya boleh mengambil beras, telur saja ke e-Warong tersebut. Nantinya e-Warong akan mengelola proses pencairan BPNT kepada KPM per bulannya.

“Pengawasannya ada dan kementerian juga ada satgas pangan untuk memantau e-Warong ini. E-Warong juga kami kasih bekal untuk jualan dan kami juga memberikan modal untuk renovasi warung, angkanya tidak melebihi Rp 5 juta,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here