2 TPS di Kota Serang Direkomendasikan PSU Pemilu 2019

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Serang merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS) 05 di Lingkungan Cipocok Jaya, Kelurahan Cipocok Jaya, Kota Serang dan TPS 24 Lingkungan Ciloang, Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang.

“Ada dua TPS yang diindikasikan akan dilakukan PSU dengan kesalahan berbeda,” kata Komisioner Bawaslu Kota Serang Rudi Hartono kepada awak media di Kantor Bawaslu Kota Serang, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya, pada TPS 05 Kelurahan Cipocok Jaya ditemukan ada tiga orang yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) melakukan pencoblosan. Ketiga orang itu berdomisili di Jakarta.

“Mereka bertiga KTP Jakarta, yang dua suami istri. Mereka bertiga tidak diperbolehkan karena tidak memiliki A5, seharusnya mereka memilih sesuai KTP asal mereka. Ini kelalaian dari KPPS,” ucapnya.

Kemudian, kata dia, pada TPS 24 Kampung Ciloang, Kelurahan Sumur Pecung diketahui ada petugas KPPS yang melakukan pencoblosan pada surat suara sisa.

“Hasil pengawasan dari TPS tersebut diteruskan ke panwascam dan dilakukan kajian kemudian Panwascam memberikan rekomendasi untuk PSU dan surat rekomendasi sudah diberikan kepada PPK,” katanya.

Akibat kelalaian itu, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di dua TPS yang akan menggelar PSU direkomendasikan harus diberhentikan.

“Karena ada PSU maka ketua PPS di dua TPS itu harus diberhentikan, saat ini Bawaslu Kota Serang masih melakukan pendalaman siapa petugas PPS itu,” ujarnya. (Masykur/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here