2 September 2019, Anggota DPRD Banten Dilantik

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah mengusulkan pelantikan 85 anggota DPRD Provinsi Banten yang terpilih pada Pemilu serentak 2019 ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Banten, Senin (19/8/2019).

Sementara jadwal pelantikannya, KPU menyerahkan kepada Sekretariat DPRD (Setwan). Kabarnya pelantikan dijadwalkan pada 2 September 2019.

”Intinya kami menyampaikan dokumen surat terkait pengusulan pelantikan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Banten pada Pemilihan Umum 2019,” kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon seusai penyerahan usulan pelantikan.

Ia memastikan, nama-nama anggota DPRD Banten yang diusulkan untuk dilantik masih sesuai dengan nama-nama yang ditetapkan dalam rapat pleno KPU. Adapun formasinya terdiri atas laki-laki 70 dan perempuan 15.

”Untuk anggota DPRD Banten Lama yang duduk kembali itu ada 36. Kemudian dari DPRD kabupaten/kota yang nyalon (dan terpilih) di DPRD Banten itu ada 22 orang,” ujarnya.

Dalam 85 yang anggota DPRD Banten yang terpilih itu juga terdapat mantan Anggota DPR RI. Akan tetapi, ia tidak menyebutkan nama berikut asal partainya. ”(Mantan) DPR RI ada yang juga yang nyaleg ke DPRD Provinsi Banten, itu ada satu. Kemudian untuk yang baru 26 orang,” ucapnya.

Parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Banten berjumlah 12, berikut dua parpol baru yaitu PSI dan Berkarya. ”Partai baru yang dapat PSI satu (kursi), Berkarya (satu kursi). Untuk yang tidak mendapatlan kursi itu ada empat, yaitu Perindo, PBB, Garuda dan PKPI,” tuturnya.

Ia mengatakan, seluruh calon anggota DPRD Provinsi Banten terpilih sudah menyerahkan bukti penyampaian LHKPN. ”Sudah semua, dengan kami serahkan dokumen ini (LHKPN),” katanya.

Terkait jadwal pelantikannya, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Sekretariat DPRD Provinsi Banten. ”Kan tadi juga ada Pak Sekwan, kemungkinan tanggal 2 September. Tanggal 1 (September) itukan kalau enggak salah hari libur,” ujarnya.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Provinsi Banten E A Deni Hermawan menuturkan, berkas usulan pelantikan yang diterima dari KPU Provinsi Banten selanjutnya akan diserahkan ke Kemendagri. ”Bahwa proses selanjutnya Pak Gubernur mengirimkan rekomendasi ke Kemendagri untuk ditindaklanjuti menjadi penetapan para anggota dewan,” ucapnya.

Pelantikan DPRD Provinsi Banten yang baru bersamaan dengan penetapan pimpinan sementara DPRD Banten. Pimpinan sementara diambil dari anggota DPRD Banten yang berasal dari parpol pemenang pemilu urutan kesatu dan kedua. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here