151 Balon Kades di Kabupaten Serang Segera Diseleksi

SERANG, (KB).- Sebanyak 151 bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) yang mendaftar untuk ikut pada Pemilihan Kades (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Serang akan segera diseleksi. Tes seleksi dilaksanakan bagi desa yang jumlah balonnya lebih dari lima orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang Heni Suhaeri mengatakan, saat ini beberapa balon kades sedang melakukan persiapan untuk melakukan tes seleksi.

Balon kades tersebut, berasal dari desa yang memiliki pendaftar lebih dari lima orang, sehingga diwajibkan bagi desa tersebut, mengusulkan pendaftarnya ikut seleksi.

“Bulan ini insyaallah dilaksanakan (seleksi)-nya. Ada 151 balon yang harus diseleksi,” katanya kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

Untuk pelaksanaan tesnya, ujar dia, pihaknya menunggu usulan dari panitia desa siapa saja balon yang akan mengikuti. Mereka kemudian diajukan ke panitia kecamatan, kemudian ke panitia kabupaten untuk melakukan seleksi. Saat ini, mereka masih melengkapi berkas yang diperlukan.

“Sekarang masih menunggu usulan dari panitia desanya dulu mana saja yang akan ikut. Nanti dilaporkan dan ikut seleksi oleh panitia kabupaten,” ucapnya.

Menurut dia, seleksi akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Kegiatan tersebut juga sambil menunggu proses perpanjangan pendaftaran balon kades yang ada di desa-desa, jika masih ada balon kades yang ingin mendaftar.

“Ini masih menunggu yang perpanjangan pendaftaran. Kalau sudah selesai baru dilakukan seleksi balon kades,” tuturnya.

Sebelumnya, dia menuturkan, pendaftar paling banyak, yaitu berada di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, yaitu sebanyak 13 orang. Padahal, kuota pendaftar per desa hanya dibutuhkan lima orang saja, sehingga nantinya jika ada pendaftar lebih dari lima orang akan dilakukan tes seleksi oleh panitia kabupaten.

“Paling banyak itu ada 13 pendaftar dari Sindangheula. Jadi, nanti panitia desa mengajukan ke panitia kecamatan, kemudian panitia kabupaten untuk melakukan tes seleksi bagi pendaftar yang lebih dari 5 orang,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here