15 Mahasisawa Untirta KKM di Petir

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali mengirimkan mahasiswa/i ke tengah masyarakat dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Di Kelurahan Petir, Kecamatan Petir Kabupaten Serang misalnya, Untirta mengirim 15 mahasiswa. Mahasiswa tergabung dalam kelompok 78 ini masuk dalam program KKM Tematik yang mempunyai tema “Kemandirian”. KKM Untirta berlangsung sejak 21 Juli — 21 Agustus 2017.

Muhammad Panji, ketua kelompok 78, mengatakan tema “kemandirian” bertujuan untuk melatih mahasiswa/i lebih sensitif dalam melihat situasi tempat. Sehingga, program kerja disesuaikan dengan keadaan serta kondisi tempat KKM berlangsung.  “Di Desa Petir kami mencoba membaca situasi dengan cara bersosialisasi dengan pendekatan ke masyarakat, sehingga kami memahami apa yang masyarakat keluhkan.

Kami pun ikut serta dalam kegiatan desa yang sudah terprogram sekaligus mendekatkan diri ke masyarakat” ujar Muhammad Panji, Sabtu (19/8/2017). Dikatakannya, program kerja yang telah dijalankan kelompok KKM 78 Untirta antara lain pengenalan dunia kampus, kesadaran hukum, mengajar, penyuluhan gigi sehat, BPJS, dan mengadakan perlombaan dalam peringatan agustusan.

Sementara dosen pembimbing lapangan Burhanuddin Mujtaba mengatakan, program yang dikerjakan mahasiswa KKM diharapkan dapat memberi tambahan wawasan bagi masyarakat setempat.  Namun lebih dari itu, tambah dia, program kerja ini sebenarnya juga secara langsung maupun tidak telah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka kepada masyarakat yang lebih luas.”Tentu saja hal ini tidak dipraktikkan ketika mereka menerima materi di perkuliahan,” katanya. (fahmi)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here