137 Aduan Masuk Lewat Aplikasi Rabeg

SERANG, (KB).- Terhitung sejak aplikasi reaksi atas berita warga (Rabeg) diluncurkan, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang telah menerima 137 aduan dari masyarakat. Dari ratusan aduan tersebut, 4 aduan masih menunggu, 12 masih proses, dan 94 di antaranya selesai.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Layanan dan Egoverment Diskominfo Kota Serang, Tubagus Teguh Prihadi. Ia menilai, aduan meningkat sejak peluncuran.
“Saat ini sudah ada sekitar 619 yang login. Sementara, yang men-download sekitar 100 warga,” katanya kepada Kabar Banten, Selasa (3/4/2018).

Ia menuturkan, untuk laporan yang masih menunggu dikarenakan organisasi perangkat daerah (OPD) belum merespons aduan tersebut, tetapi jika OPD sudah merespons pasti akan segera diproses. “Aduannya banyak masalah PKL, parkir, jalan, dan penerangan jalan di Karangantu,” tuturnya.

Menurut dia, banyak aduan yang ditujukan kepada Dinas PUPR Kota Serang. Jawaban dari Dinas PUPR Kota Serang sudah dianggarkan pada bulan lalu, karena kemungkinan PUPR tidak menyiapkan anggaran praktis untuk penyelesaiannya.
“Kami sudah minta, agar PUPR bisa menyiapkan anggaran praktis,” ujarnya.

Ia menuturkan, dari segi aplikasi terus dikembangkan. Salah satunya berupa pembuatan maps terkait penentuan titik lokasi, sebab saat ini masih menggunakan titik koordinat saja. “Rencananya nanti akan dikembangkan aplikasinya seperti Go-Jek, ada maps, agar warga tersebut bisa diketahui keberadaannya,” ucapnya.

Menurut dia, pengembangan aplikasi harus terus dilakukan untuk memudahkan warga melakukan pengaduan. Selain itu, ke depan aduan akan banyak didisposisikan kepada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Sementara ini, aduan hanya didisposisikan ke satu OPD saja. “Nantinya aduannya kan didisposisikan ke lebih banyak OPD. Kalau saat ini hanya didisposisikan di pusat OPD, tinggal OPD itu berkoordinasi dengan OPD terkait lainnya,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here