Jumat, 14 Desember 2018

13.000 Peserta Meriahkan Pawai MTQ Kota Tangsel

TANGERANG, (KB).- Sebanyak 13.000 peserta dari berbagai organisasi dan organisasi perangkat daerah (OPD) meriahkan pawai Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX dan MTQ Pelajar V yang berlangsung di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/9/2018). Acara pawai tersebut dimeriahkan oleh ondel-ondel, reog onorogo, polisi cilik hingga marching band. Iring-iringan pawai dimulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany membuka pawai yang ditandai dengan iring-iringan mobil kepolisian dan piala MTQ yang dibawa oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tangsel dengan mobil bak terbuka. Pada kesempatan tersebut, dia berharap, acara MTQ tersebut bisa berjalan dengan lancar. “Dari kegiatan ini, kami bisa mendapatkan juara-juara yang akan dibawa ke tingkat provinsi,“ katanya.

Ia menegaskan, kegiatan tersebut tidak hanya sekadar seremonial dan mencari bibit saja, namun bagaimana melakukan syiar agama dan mengajak masyarakat, untuk membaca Alquran. Apalagi, lanjut dia, rencananya kegiatan MTQ tersebut akan berlangsung dari Seni hingga Kamis (17-20/9/2018).

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Abdul Rozak menuturkan, sebanyak 13.000 peserta tersebut berjalan dengan titik start di Kompleks Perumahan Villa Dago, Pamulang pukul 06.00 WIB menuju Kantor Kecamatan Pamulang.

Ditemui di lokasi kegiatan, Ketua LPTQ, Muhamad menuturkan, pelaksanaan Pawai Ta’aruf MTQ umum dan pelajar dilakukan secara serentak dan tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Namun, lomba dan penilaian yang digelar terpisah antara pelajar maupun umum. “Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin lebih memasyarakatkan MTQ, diharapkan MTQ tahun ini lebih meningkat kualitasnya, sehingga gaungnya terlihat oleh masyarakat dan bermanfaat untuk warga Tangsel,” ujarnya.

Sedangkan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, H Muhamad mengatakan, MTQ IX tahun ini ada perubahan seperti pelaksanaan MTQ tingkat kota, yakni untuk umum dan MTQ pelajar dibarengkan. Di pelaksanaan MTQ sebelumnya, yakni di Kecamatan Serpong, dilakukan secara terpisah.

“Untuk memastikan efesiensi maka dibarengkan saja. Untuk tahun ini pelaksanaan MTQ umum dan pelajar dijadikan satu, tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Supaya lebih efisiensi pembiayaan,” ucap Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel tersebut.

Pantauan di lokasi, terlihat beberapa penampilan dari tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel, antara lain drum band, paskibra, barongsai, polisi cilik, para instansi dan tiap-tiap sekolah. Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany dan para tamu undangan lainnya terlihat menyapa para peserta dari atas panggung yang berlokasi di seberang Masjid Al Mujahidin, Pamulang. (DA)*


Sekilas Info

Bayi yang Ditemukan Terbungkus Plastik Akhirnya Meninggal

TANGERANG, (KB).- Bayi yang ditemukan terbungkus plastik di Perumahan Duta Garden, Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *