128 Peserta Ikuti Seleksi Petugas Haji Banten

Ratusan peserta mengikuti seleksi petugas haji tahap II, di Aula Kemenag Banten, Kamis (13/2/2020).*

SERANG, (KB).- Sebanyak 128 peserta mengikuti seleksi petugas haji tahap II di tingkat Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten, di Aula Kemenag Banten, Kamis (13/2/2020). Kegiatan tersebut untuk menyiapkan petugas haji yang berkompeten.

Kepala bidang (Kabid) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Banten Machdum Bactiar mengatakan, dari 128 peserta tersebut terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) 50 orang, dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 50 dan non kloter 28. Hal tersebut merupakan rangkaian seleksi petugas haji tahap II.

Pada tahap pertama, kata dia, sudah dilaksanakan di kabupaten/kota. Kemudian dari seleksi tersebut, dibawa ke Kanwil Kemenag dan sudah ditentukan. Dari hasil itu, dipastikan berangkat untuk mengikuti rangkaian penyelenggaraan ibadah haji 2020.

Baca Juga : Tes Petugas Haji Tahap Kedua Digelar Hari Ini

“Tujuan kegiatan tersebut untuk menyiapkan petugas haji yang berkompeten, profesional dan amanah. Diharapkan mereka telah menjadi petugas akan bertugas dengan sekuat tenaga untuk melayani jemaah haji dari Provinsi Banten. Mereka harus benar-benar mau menjadi petugas haji bukan untuk bepergian untuk ibadah,” kata Machdum kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, seperti dalam Undang-undang haji bahwa pemerintah memberikan tugas pelayanan, pembinaan dan perlindungan haji. Petugas haji untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji, sehingga tidak hanya puas dalam memberikan konsumsi, juga puas terhadap pelayanan haji yang menyertai jemaah baik itu di pemberangkatan, embarkasi, pesawat sampai pada Tanah Suci dan pulang ke tanah air.

“Dalam tes tersebut, peserta menggunakan Computer Asested Test (CAT) dengan handphone android. Dengan menggunakan android, menciptakan hasil yang objektif, lebih murni tidak ada rekayasa. Karena, setiap peserta mendapatkan soal yang berbeda. Setelah mengikuti CAT, mereka ikut tes tulis dan wawancara,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here