121 Rumah di Kabupaten Pandeglang Disapu Puting Beliung

PANDEGLANG, (KB).- Sekitar 121 rumah di tiga desa, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang disapu puting beliung, Jumat (17/4/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

Menurut informasi, rumah yang rusak tersebut di antaranya sebanyak 64 rumah di Desa Gunung Batu, 46 rumah di Desa Panancaran dan 11 rumah di Desa Munjul.

“Kejadiannya sangat cepat, karena sore itu angin kencang datang saat hujan deras. Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun, kondisi rumah warga banyak yang rusak,” kata warga Desa Munjul Oyok Sunaryo kepada Kabar Banten seusai menyampaikan informasi bencana ke Kecamatan Munjul.

Selain merusak rumah, puting beliung juga menumbangkan banyak pepohonan. Akibatnya, ada sebagian rumah warga yang roboh tertimpa pohon tumbang.

“Rumah warga yang rusak sebagian diterjang angin dan sebagian lagi tertimpa pohon,” ujar Oyok.

Sementara itu Camat Munjul Aan Suandi, membenarkan ratusan rumah di tiga desa diterjang puting beliung. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun banyak rumah warga yang rusak.

“Ya, kejadiannya Jumat (17/4/2020) sore saat hujan deras disertai angin kencang. Kami masih mendata rumah yang rusak berat, sedang dan rusak ringan. Data itu nanti akan kami laporkan ke Pemkab Pandeglang dengan harapan korban mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Camat, petugas kecamatan dan desa sedang membantu mengangkat pohon tumbang yang menimpa rumah dan menghalangi jalan.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Surya Darmawan yang dihubungi lewat telepon genggamnya masih sulit dihubungi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Pandeglang Iing Andri Supriadi, meminta pemerintah untuk segera mengirimkan bantuan logistik bagi korban puting beliung di tiga desa, Kecamatan Munjul.

“Ya, mereka butuh bantuan, karena rumahnya rusak. Apalagi bencana ini terjadi saat kondisi sedang masa pandemi Covid-19,” tuturnya. (IF/Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here