102.232 KPM di Kabupaten Lebak Akan Terima BPNT

LEBAK, (KB).- Sebanyak 102.232 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Lebak akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos). BPNT merupakan program pengganti Bansos beras sejahtera (Rastra) yang akan diterapkan mulai tahun ini.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebak Eka Dharmana Putra mengatakan, PKM BNPT di Lebak berjumlah 102.232. Setiap PKM akan menerima dana tunai sebesar Rp 110.000 per KPM yang diterima melalui Anjungam Tunai Mandiri (ATM) setiap bulan. BPNT sudah siap disalurkan kepada KPM sesuai perencanaan yang dimulai pada bulan Mei 2019.

“BPNT merupakan program yang dicanangkan Kemensos sebagai pengganti Rastra. Jadi, warga yang tadinya biasa menerima Rasta akan diganti dengan uang non tunai,” katanya.

Ia menjelaskan, dana yang diterima setiap KPM melalui rekening itu dapat dicairkan untuk belanja kebutuhan pangan, seperti beras, telur ayam di agen atau outlet yang sudah ditunjuk melayani KPM.

“Program BPNT melibatkan tiga stakeholder, yakni Dinsos, Bulog dan salah satu bank lokal yang ada di wilayah Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Ia mengaku, BNPT tadinya akan disalurkan akhir tahun 2018 lalu. Namun, masih terkendala di tahapan penunjukan agen yang melayani KPM. Karena, setiap desa diharuskan memiliki satu agen yang sudah siap menerima penyaluran BNPT.

“Pelaksanaan penyaluran BPNT rencananya bulan Mei sudah harus dilaksanakan, tinggal menunggu kesiapan agen nya saja,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here