101 Sekolah di Pandeglang Belum Punya Kepsek

Sebanyak 101 sekolah (SD dan SMP) di Kabupaten Pandeglang belum mempunyai kepala sekolah (Kepsek). Meski demikian, pemerintah daerah belum melaksanakan pendidikan dan latihan kepala sekolah karena terbentur angggaran.

Hal itu dikatakan Kepala BKD Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta seusai menyerahkan SK kepada puluhan calon kepala sekolah di salah satu hotel di Pandeglang, Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, saat ini ada sekitar 194 sekolah dan yang baru mendapatkan SK hanya 93 calon Kepsek. Sedangkan sisanya 101 sekolah mengalami kekosongan jabatan kepsek. Ia mengatakan, puluhan calon kepsek yang baru menerima SK akan diberikan pelatihan dan pendidikan.

”Jadi dari 194 sekolah, 93 sekolah akan segera dipimpin oleh kepsek. Berarti sisanya tinggal 101 sekolah yang belum memiliki kepsek,” kata Ali Fahmi.

Dia sudah menyelesaikan tugasnya untuk tahun ini, sebab pihaknya sudah merealisasikan anggaran untuk melaksanakan pendidikan dan latihan untuk calon kepala sekolah.

”Kalau kami kan hanya menerima calon kepsek yang sudah lulus. Nanti soal seleksi silakan dan diklat itu ranahnya dinas pendidikan,” ujarnya.

Saat ditanya soal solusi pengisian kekosongan jabatan kepsek, kata Fahmi, pihaknya meminta Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Dindikbud) untuk kembali melakukan seleksi dan pemetaan untuk penempatan kepala sekolah di setiap wilayah.

”Nanti akan kita lihat, karena Dindikbud harus segera melakukan pemetaan. Saya sudah sampaikan agar Dindikbud menyeleksi kembali para calon kepsek,” ucapnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya akan menganggarkan dari APBD untuk diklat calon kepala sekolah, meskipun dulu melalui mandiri sekarang akan diakomodasi dari APBD.

”Hari ini kita berikan semangat mereka minta dilantik. Saya pesan jangan sampai mereka yang sudah mendapatkan sertifikat ini merasa besar kepala, arogan dan lain sebagainya. Nanti kekurangan anggaran akan dialokasikan pada APBD 2021. Ya ada sekitar seratus lebih yang belum mengikuti diklat calon kepala sekolah,” katanya. (Ade Taufik/Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here