100 Madrasah di Kabupaten Lebak Layak Divisitasi

LEBAK, (KB).- Sebanyak 100 lebih madrasah yang sudah mengisi daftar isian akreditasi, layak divisitasi pada tahap kedua Oktober hingga November mendatang. Visitasi adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Lebak Sudirman kepada Kabar Banten, Rabu (9/10/2019) mengatakan, visitasi adalah kunjungan ke sekolah/madrasah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data, serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi.

“Adapun prinsip-prinsip yang harus dipenuhi dalam visitasi akreditasi sekolah itu, yaitu efektif atau mampu menjaring informasi yang akurat dan valid sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat bagi semua pihak yang memerlukannya,” katanya.

Ia menjelaskan, efisien dibatasi pada hal-hal yang pokok saja. Namun, cukup memberikan gambaran yang utuh dan terfokus pada substansi yang telah ditetapkan. Kemudian, objektif, yaitu berdasarkan kenyataan pada sejumlah indikator yang dapat diamati dan mandiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, objektif yakni mendorong sekolah/madrasah melakukan pengisian instrumen akreditasi secara akurat, sebagai salah satu fungsi pokok manajemen penyelenggaraan dalam rangka pemberdayaan sekolah/madrasah.

Ia menyebutkan, syarat utama untuk dapat terpenuhinya akreditasi madrasah, yakni terakreditasi dengan penilaian delapan standar nasional pendidikan (SNP). “Artinya, apabila sekolah madrasah itu terakreditasi memenuhi syarat delapan standar nasional pendidikan (SNP), maka sekolah tersebut dinyatakan telah lulus akreditasi,” ucapnya.

Dengan dilaksanakannya akreditasi madrasah, dia berharapm bisa mengubah paradigma madrasah di Kabupaten Lebak. “Mudah-mudahan tahun 2020, insyaallah mulai berkembang. Madrasah yang tidak terakreditasi, menjadi terakreditasi semuanya. Hal ini dimasudkan untuk meningkatkan kualitas standar mutu pendidikan di Lingkungan Kemenag Kabupaten dari mulai tingkat pendidikan TK Islam, MI, MTs, dan MA,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here