10 Desa di Kabupaten Lebak Akan Gelar Pilkades Serentak

LEBAK, (KB).- Sebanyak 10 desa di Kabupaten Lebak akan melaksanakan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Juni 2019. Anggaran Pilkades disiapkan sebesar Rp 400 juta yang dialokasikan dari Dana Desa.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak Firman Arif Hidayat mengatakan, Pilkades serentak 2019 akan diikuti 10 desa. Ke-10 desa tersebut, yakni Desa Rangkasbitung Timur, Margaluyu, Sukamarga, Wantisari, Sawarna, Sawarna Timur, Situregen, Jalupang Girang, Kaduhauk, dan Desa Cidadap.

“Pilkades serentak digelar setelah lebaran. Memasuki bulan Juli nanti sudah masuki tahapan persiapan,” katanya, Senin (20/5).

Ia menjelaskan, desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini yaitu kades yang masa jabatannya sudah habis pada tahun 2018 lalu. Untuk persyaratan bakal calon kades sama tidak ada perbedaan dari yang sebelumnya. Hanya memang waktu pelaksanaan serentak.

“Untuk anggaran sudah siap. Setiap desa mengalokasikan Rp 40 juta, kalau 10 desa berarti totalnya Rp 400 juta. Adapun alokasi anggaran dari kabupaten sifatnya untuk biaya monitoring,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Pilkades diatur dalam Undang-Undang Nomor: 6 tahun 2014 tentang desa. Diatur agar pelaksanaan pilkades dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah kabupaten dengan maksud untuk menghindari hal negatif dalam pelaksanaannya. “Jadi pelaksanaan Pilkades sudah diatur dalam undang-undang,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here