1.100 Atlet Ramaikan Pospeda Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) secara resmi membuka Pekan Olah raga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) VI Banten 2019, Senin (14/10/2019).*

SERANG, (KB).- Pekan Olah raga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) VI Banten 2019 diikuti oleh 1.100 peserta dari berbagai pondok pesantren se-Banten. Kegiatan tersebut telah resmi dibuka di Masjid Al Bantani, KP3B oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Senin (14/10/2019).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Tetap Kerja Daerah Pospeda VI Banten Toton Suryawinata. Ia mengatakan, masing-masing daerah biasanya membawa rata-rata 100 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada didomisilinya.

“Kebanyakan itu dari pondok pesantren modern, tapi ada juga dari pondok pesantren salafi beberapa. Namun rata-rata sekolah pondok pesantren yang sudah memiliki lengkap ekstrakurikulernya,” ucapnya.

Toton mengatakan, jadwal sudah diberikan dari beberapa bulan sebelum pembukaan pada tanggal 14 Oktober 2019.

“Untuk peserta dikoordinir oleh Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) masing-masing daerahnya, nanti baru langsung dijaring dan didaftarkan,” katanya kepada Kabar Banten.

Toton menjelaskan, Pospeda VI 2019 ini terdiri dari enam cabang olah raga dan delapan cabang seni.

“6 cabor di antaranya futsal, voli, senam, hadang, pencak silat, dan atletik. Sementara, untuk lomba cabang seni yaitu lomba pidato bahasa Arab dan Inggris, kaligrafi, hadroh, stand up comedy, cipta dan baca puisi, lukis islami, dan hiasan mushaf,” ujarnya.

Toton berharap, acara Pospeda ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar, tanpa halangan maupun kendala di lapangan tempat bertanding.

“Harapannya sih lancar udah itu saja, karena lokasi penyelenggaraan setelah tadi dibuka oleh gubernur masing-masing kontingen daerahnya akan berpencar sesuai venue bertanding. Ada yang lokasinya di Pandeglang dan di Kota Serang, di antaranya di GR Maulana Yusuf, KP3B, Kampus UIN Banten, Korem, dan di Kanwil Kemenag Banten,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahdin Halim mengatakan, Pospeda ini juga sekaligus untuk penjaringan atlet untuk Pospenas November mendatang di Bandung, Jawa Barat.

“Walaupun acaranya cuma 4 hari yang dimulai dari 14-17, tapi yang dilihat kan dari urgensi dan silaturahmi antar pondok pesantren se-Provinsi Banten. Baru sekalian penyaringan atlet mana yang akan bakal cocok ditarik untuk mengikuti Pospenas di Bandung,” katanya singkat. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here