1.013 Orang Berebut Kursi Panwascam, Bawaslu Antisipasi Titipan Timses

SERANG, (KB).- Sebanyak 1.013 orang berebut kursi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada di empat kabupaten/kota, yang pendaftarannya resmi ditutup pada 3 Desember 2019.

Selain meneliti berkas administrasi, Bawaslu juga mempertimbangkan masukan dari masyarakat untuk mengantisipasi titipan tim sukses (timses) maupun partai politik (parpol).

Diketahui empat kabupaten/kota di Banten akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Sejumlah nama di masing-masing kabupaten/kota mulai ramai-ramai mendaftarkan diri ke partai politik yang membuka penjaringan.

Sekretaris Pokja Pembentukan Panwascam Bawaslu Kabupaten Serang Sukron Mulyadi membenarkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian berkas administrasi yang disampaikan pendaftar.

“Nanti tanggal 12 akan diumumkan nama-nama yang lolos administrasi untuk mengikuti tahapan tes tertulis dan wawancara,” katanya.

Pelaksanaan tes tertulis dan wawancara rencananya berlangsung pada 13 sampai 17 Desember 2019. Terkait tes kesehatan, kata dia, secara khusus tak dilaksanakan kepada para pendaftar.

“Karena sesuai pedoman hanya melampirkan keterangan sehat jasmani dari dokter puskesmas atau rumah sakit pemerintah,” ujarnya.

Disinggung terkait langkah yang diambil Bawaslu untuk mengantisipasi titipan parpol masuk dalam panwascam, ia mengatakan, Bawaslu akan bekerja mengantisipasinya.

“Prinsipnya, sesuai tahapan semua pendaftar wajib mengikuti. Terkait dengan adanya mantan tim sukses, anggota parpol harus sudah mengundurkan diri paling sedikit 5 tahun. Masukan masyarakat akan kami pertimbangkan sepanjang objektif, hal tersebut bisa kami abaikan,” tuturnya.

Diperpanjang

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi menuturkan, pihaknya telah merekap jumlah pendaftar panwascam dari seluruh kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada, yaitu Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang. Jumlah keseluruhan pendaftar yang masuk tak kurang dari 1.013 orang.

Rinciannya, Kabupaten Pandeglang 486 orang, Kabupaten Serang 377 orang, Kota Cilegon 82 orang, dan Kota Tangerang Selatan 68. Untuk Tangerang terdapat satu kecamatan yang pendaftarnya di bawah ketentuan, yaitu di Kecamatan Ciputat. Dengan demikian, masa pendaftarannya diperpanjang dari 6 sampai 11 Desember 2019. “Kecamatan Ciputat diperpanjang,” katanya, Jumat (6/12/2019).

Adapun jumlah pendaftar masing-masing kecamatan, minimal 6 orang atau dua kali lipat dari jumlah yang diterima. “Pendaftar minimal 6 orang atau dua kali kebutuhan. Yang diterima setiap kecamatan 3 orang,” ujarnya.

Tahapan tes selanjutnya yang harus dilewati para pendaftar, meliputi seleksi administrasi serta tes tulis dan wawancara. Pengumuman hasil tes tulis dan wawancara, rencananya dilakukan pada 18 Desember 2019. “Pelantikan panwascam dilakukan pada 22-23 Desember 2019,” ucapnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here