Puncak Peringatan Harkopnas ke-72 tingkat Provinsi Banten, Pelaku Koperasi Diharapkan Miliki Jiwa “Entrepreneurship”

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, bersama Gubernur Banten Wahidin Halim, mengunjungi stan koperasi pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Banten di kawasan Kesultanan Banten, Kota Serang, Kamis (25/7/2019).*


SERANG, (KB).-Pelaku koperasi di Provinsi Banten diharapkan memiliki jiwa “entrepreneurship” agar lebih maju dan berkembang. Jadi, pelaku koperasi harus berperilaku seperti perusahan swasta yang memiliki jiwa entrepreunership, walaupun sistemnya berbeda dengan perusahaan, tapi pengelolaannya harus bersaing dengan perusahaan supaya bisa lebih maju dan berkembang.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, pada acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Banten di kawasan Kesultanan Banten, Kota Serang, Kamis (25/7/2019). Hadir dalam acara tersebut Gubernur Banten Wahidin Halim, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten H Tabrani, dan Wali Kota Serang Syafrudin.

Dalam sambutannya, Tatu menyampaikan bahwa Dekopinwil mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten yang telah mendukung penuh pembangunan gerakan koperasi dan pembangunan usaha mikro dan kecil. “Atas nama seluruh gerakan koperasi di Provinsi Banten, kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Gubernur Banten dan Wali Kota Serang karena dukungan penuh dan perhatian yang besar pada pembangunan gerakan koperasi dan pembangunan usaha mikro dan kecil,” ujar Tatu.

Puncak peringatan hari koperasi ke-72 tingkat Provinsi Banten dan Kota Serang ini mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” dengan tujuan agar koperasi di Banten bisa maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi yang serba digital. Tema ini merupakan penegasan kembali bahwa program dan kegiatan pembangunan gerakan koperasi perlu terus dilanjutkan, dengan penekanan pada tuntutan nyata dunia koperasi menghadapi perkembangan teknologi informasi.

Selain itu, pembangunan gerakan koperasi masih memerlukan perjuangan yang berat dan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Dengan segala dinamika, tantangan dan harapan yang ada. “Puncak peringatan hari koperasi ke-72 telah memberikan pelajaran berharga pada kita semua, bahwa upaya menciptakan perekonomian rakyat yang berkeadilan sosial memerlukan komitmen dan konsistensi, memerlukan kesiapan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi dinamika perkembangan zaman,” ujar Tatu.

Tatu mengatakan, koperasi saat ini memiliki tantangan yang besar, tapi hasil prestasi produk-produk UMKM Provinsi Banten sudah ada yang mampu menembus pasaran dunia. “Saya selaku Ketua Dekopinwil Provinsi Banten terus memberikan semangat kepada semua pengerak koperasi, di ulang tahunnya yang ke-72 ini memang koperasi banyak tantanganya, namun hasil produksi UMKM di Banten ini ada beberapa yang sudah menembus pasar dunia, nah ini yang terus saya semangati kepada kawan-kawan,” katanya.

Di era globalisasi ini, koperasi harus bisa mengikuti perkembangan tekhnologi yang serba digital, oleh karena itu koperasi harus bisa berada didalamnya, dan menguasai perkembangan dunia digital. “Di era digitalisasi ini kita harus ada di dalamnya, karena kalau kita tidak ada, maka kita akan tertinggal,” ujarnya.

Tatu berharap, para pelaku koperasi di Banten mampu mengajak dan merangkul kaum milenial, agar kedepan ada regenarasi yang bisa membawa koperasi ke arah yang lebih baik. “Para penggerak Koperasi ini harus bisa bagaimana caranya supaya anak-anak muda tertarik, kan harus ada estapet, tidak harus yang sepuh-sepuh terus, karena biasanya yang menguasai digital itu kan yang muda-muda,” ucapnya.

Dengan adanya dorongan dari pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota kepada koperasi, maka diharapkan koperasi di Provinsi Banten akan lebih baik. “Saya yakin dengan adanya dukungan dan dorongan dari pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota, koperasi di Banten akan mengalami kemajuan yang lebih signifikan,” ujar Tatu. (KO/Ant)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here