Kemenperin Gelar Indonesia Industrial Summit 2019

JAKARTA, (KB).- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019, mengusung tema “Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Negara 10 Besar Ekonomi Dunia”. Kegiatan ini akan berlangsung Senin-Selasa (15-16/4/2019) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Menurut rencana, kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Dan bakal dihadiri lebih dari 3.300 peserta diantaranya yang mewakili kementerian dan lembaga, kedutaan besar, pemerintah daerah, asosiasi dan pelaku industri, praktisi teknologi, serta alumni pendidikan vokasi dan diklat industri.

Kegiatan ini diharapkan menjadi forum konsolidasi para pemangku kepentingan untuk membangun rumusan bersama mengenai langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan dalam mengakselerasi transformasi digital di sektor industri.

Dalam siaran pers, Sabtu (13/4/2019), Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar mengatakan, tahun lalu, pihaknya menyelenggarakan acara serupa untuk peluncuran peta jalan Making Indonesia yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Saat itu, menjadi momen penting dan bersejarah bagi Indonesia dalam kesiapan memasuki era industri 4.0, ujarnya.

Pada IIS tahun ini, akan diberikan penghargaan kepada para pelaku industri yang sudah ataupun sedang menuju era industri 4.0, yang penilaiannya menggunakan framework dari INDI 4.0. INDI 4.0 merupakan indeks acuan yang digunakan oleh industri dan pemerintah untuk mengukur tingkat kesiapan menuju industri 4.0. Metode asesmen INDI 4.0 sebagai salah satu tahap implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0, jelas Haris.

Ia mengatakan, selama dua hari kegiatan tersebut berlangsung, diagendakan sesi talkshow dan diskusi panel tentang kebijakan dan implementasi industri 4.0 di Indonesia dengan menghadirkan sejumlah narasumber kompeten di bidangnya masing-masing, ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here