Sabtu, 18 November 2017

Wisata Alam Pesanggrahan

Dibalik belantara hutan yang begitu lebat, terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, ternyata terdapat sebuah taman wisata alam begitu menakjubkan. Lokasi yang berada di Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Carita tampak indah.

Suasana alamnya tidak kalah dengan wisata alam lainnya di bumi nusantara. Selain cocok untuk melepas penat, wisata tersebut cocok bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang suka melakukan traveling. Jarak dari jalan raya Carita menuju lokasi hanya berjarak sekitar 1 kilometer. Kondisi infrastrukturnya sudah bagus, dengan badan jalan beton.

Pengembangan wisata ini inisiatif murni dari RPH Perhutani Carita. Selama tujuh tahun proses penataan wisata tersebut dilakukan hingga sekarang alam wisata yang diberi nama Pesanggrahan ini menjadi primadona bagi para pengunjung wisatawan.

Kawasan wisata yang dikelola Perhutani ini memiliki daya tarik tersendiri. Di dalam kawasan wisata terdapat banyak hiasan payung merah yang memberikan kesejukan. Suasananya sangat cocok bagi para pelancong wisata alam. Apalagi saat tiba di atas pesanggrahan, kita bisa melihat pemandangan laut Carita terhampar luas.

Tidak saja nuansa alamnya yang masih murni, udara di atas lokasi tersebut cukup dingin. Tak heran jika setiap orang singgah di wisata alam pesanggrahan akan merasakan buaian angin dan gemerciknya air. Kesempurnaan alam pun terasa lengkap saat para wisatawan mendengara suara burung beraneka ragam.

Salah seorang pengunjung wisata alam Pesanggrahan, Susanti mengakui keindahan alam wisata di Pesanggrahan. Di lokasi, kita bisa pamer pose untuk mengabadikan gambar alam. Lebih menarik lagi, di lokasi terdapat spot-spot wisata seperti rumah pohon kayu, ayunan gantung dan wahana perahu nelayan terbuat dari kayu. Para pengunjung bisa langsung mengambil foto di spot-spot wisata tersebut.

Sementara itu, Kepala RPH Carita, Asep Amin Hidayat mengatakan, kawasan wisata alam Pesanggrahan ini dibuat untuk memberikan pelayanan bagi wisatawan. Karenanya, kita tata wisata ini dengan membangun fasilitas wisata bagi para pengunjung wisatawan. Spot wisata terbuat dari pohon mampu memberikan kesejukan bagi para pengunjung.

Bahkan wisata ini tidak kalah bagusnya dengan lokasi wisata Gantole di Puncak Bogor, Jawa Barat. Jika di sana, para pengunjung bisa menikmati indahnya kebun teh, maka di pesanggrahan ini pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari atas lokasi. Bahkan, wisatawan bisa merasakan keindahan rumah pohon kayu dan hammock atau ayunan bergantung dari pohon kayu.

“Kami sudah buat spot-spot taman bermain untuk pengunjung wisata. Termasuk penginapan yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam di wisata pesanggrahan,” katanya. Menurutnya, lokasi wisata ini sangat cocok bagi para traveling wisata alam. Karena medannya menunjang untuk aktivitas kita yang ingin joging track, lintas alam, cahaya pantai carita, pondokan,kemping ground, outbound,survival dan selfie deck.

Wisata alam ini memang satu-satunya wisata terindah yang dapat dikunjungi para wisatawan di Banten. Apalagi, infrastruktur dari jalan raya Carita menuju ke bukit pesanggrahan sudah beton. Untuk pengunjung wisata juga bisa langsung membawa kendaraannya ke lokasi parkir di pesanggrahan. Berwisata di Pesanggrahan ini tampak nyaman dan aman, karena para petugas RPH memberikan penjagaan secara optimal kepada para pengunjung.

Menurutnya, setiap hari pengunjung selalu menyempatkan waktu untuk menikmati suasana alam pesanggrahan. Namun khusus akhir pekan, para pengunjung lebih banyak beraktivitas liburan di wisata ini. Mereka umumnya datang pagi hingga mengakhiri liburannya sore hari. Tetapi ada juga sebagian pengunjung yang menginap di penginapan pesanggrahan. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Kerkhoff, Makam Belanda di Banten Lama

Banten Lama salah satu kawasan yang menyimpan berbagai tinggalan arkeologis ini, sepertinya tidak habis-habisnya mengungkapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *