Selasa, 12 Desember 2017

Wayang Ajen Pukau Warga Lebak

LEBAK, (KB).- Untuk kesekian kalinya, masyarakat Lebak disuguhkan pagelaran wayang kekinian dengan dalang Wawan Gunawan yang lebih dikenal dengan nama Wawan Ajen digelar di Stadion Pasir Ona, Rangkasbitung, Sabtu (2/12/2017).

Didukung oleh audio visual yang spektakuler dan kepiawaian ki dalang, pagelaran wayang dengan lakon Suluk Jabaning Langit ini mampu menjadi tontonan menarik hingga berhasil menyedot perhatian ratusan masyarakat Lebak. Terbukti dengan ramainya penonton yang hadir dari berbagai penjuru Lebak dan sekitarnya.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya juga turut menyaksikan pagelaran wayang ini sampai akhir acara. Ia mengatakan, pagelaran wayang yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI ini, diharapkan tidak hanya sekadar menjadi tontonan tetapi dapat menjadi tuntunan bagi masyarakat.

Menurutnya, di era globalisasi ini masuknya pengaruh dunia luar melalui berbagai media sulit untuk ditolak. Sehingga, hanya dengan moral dan etika budayalah yang dapat menangkalnya. ”Harapan saya pagelaran wayang ajen ini dapat menjadi simbol kekuatan kita dalam mempertahankan adat dan budaya khususnya bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa,” kata Bupati Iti.

Salah seorang penonton yang datang dari Kecamatan Wanasalam, Sanggra Wilana mengaku sangat puas. Menurutnya, kesenian wayang golek merupakan salah satu warisan luhur budaya bangsa, khususnya Jawa Barat dan Banten sebagai salah satu perangkat akulturasi budaya dalam menyebarkan syiar Islam ditataran sunda.

”Pagelaran wayang golek disesuaikan dengan isu-isu strategis yang mendidik dan tetap mengandung unsur humoris yang sasarannya dapat menjangkau semua kalangan. Sangat menarik, selain ceritanya yang mendidik, namun menggelitik juga karena disajikan dengan cara yang unik,” tutur Sanggra. (ND)***


Sekilas Info

Sebulan Tinggal di Kandang Kambing, Nenek Sari Akhirnya Bersedia Pindah ke Rumah

Seorang nenek renta warga Kampung Pasir Awi, Desa Sanghiang, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Sari (70) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *