Sabtu, 16 Desember 2017

Wagub Banten Ajak Tanamkan Bela Negara

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy mengajak para guru dan orangtua menanamkan kesadaran bela negara sejak dini, melalui pendidikan kewarganegaraan, yakni mengajak anak-anak untuk mencintai bangsa dan tanah air, sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari bangsa Indonesia.¬†“Secara umum menanamkan ini menjadi tugas kita semua. Memastikan, agar api semangat mereka dalam mencintai tanah air terus-menerus menyala,” katanya pada pembukaan Lomba Diskusi/Argumen Parade Cinta Tanah Air Provinsi Banten di Aula Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Rabu (2/8/2017).

Lomba yang digelar pihak Kementerian Pertahanan untuk kemudian dilombakan di tingkat nasional tersebut, diikuti perwakilan siswa SMA/SMK negeri dan swasta kabupaten/kota se-Provinsi Banten.
Menurut dia, lembaga pendidikan formal, sejak tingkatan yang paling bawah, harus memiliki komitmen yang tinggi terkait kewajiban menanamkan rasa nasionalisme dan bela negara kepada para anak didiknya. Ia menuturkan, Pancasila sebagai falsafah negara sangatlah penting kaitannya dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada para generasi penerus bangsa. Penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara perlu terus ditingkatkan. “Pancasila sebagai sistem etika sosial masyarakat yang membentuk nilai bagi masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman, toleransi, dan solidaritas,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banten, E Kosasih Samanhudi menuturkan, pihak Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Disdikbud Banten mengadakan lomba parade cinta tanah air tingkat daerah 2017. “Kegiatan ini bertemakan Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme dan Pengaruh Negatif Media serta Bahaya Narkoba,” ucapnya. Ia mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 34 tim, setimnya terdiri dari satu hingga dua orang. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan Kementerian Pertahanan yang mana para pemenang tingkat provinsi akan mengikuti kegiatan serupa tingkat nasional.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen dalam menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan,” tuturnya. Menurut dia, semua sekolah dan lembaga pendidikan yang berada di wilayah NKRI harus menanamkan rasa nasionalisme dan bela negara kepada peserta didiknya tanpa terkecuali. “Semua, bahkan tadi saya sebut, bahwa sesungguhnya ini menjadi tanggung jawab kami semua. Bukan hanya sekolah,” katanya saat ditanya mengenai pendidikan tentang nasionalisme dan bela negara di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia serta maraknya penyebaran paham-paham atau ideologi yang anti Pancasila akhir-akhir ini di tanah air. (H-49)***


Sekilas Info

Relawan Laz Harfa Bangun Jiwa Kemanusiaan

SERANG, (KB).-¬†Lembaga amil zakat (Laz) Harfa Banten memberikan wadah bagi pemuda Banten untuk dapat membantu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *