Senin, 11 Desember 2017

Untirta Dorong Mahasiswa Berwirausaha

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mendorong mahasiswanya untuk menjadi wirausaha. Salah satunya dengan kegiatan pelatihan dan pengenalan kewirausahaan, di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untirta, Selasa (10/10/2017). Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Suherna mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat mendorong mahasiswa memiliki usaha-usaha mandiri. ”Para mahasiswa wajib untuk mempunyai usaha-usaha mandiri minimal 10 persen dari jumlah mahasiswa yang ada di Untirta. Untuk mahasiswa yang mengikuti pelatihan mendapatkan wawasan yang memang nanti bisa diimplementasikan di dalam usahanya,” katanya.

Menurutnya, berwirausaha sekarang ini menjadi tren di masa depan, karena dianggap lebih prospektif untuk meraih kebebasan waktu dan kegunaan. Namun berwirausaha juga memerlukan pengetahun, kecakapan, serta pengalaman sehingga harus dipupuk sejak dini. ”Menumbuhkan jiwa wirausaha ada keterkaitan erat dengan usaha memperbaiki kualitas diri sendiri. Sukses berwirausaha erat kaitannya dengan kemampuan meraih kepercayaan banyak orang. Dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan, kita harus membiasakan diri menciptakan impian memiliki keyakinan luar biasa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, di era globalisasi persaingan begitu ketat. Dengan kegiatan ini diharapkan untuk membuka wawasan agar para mahasiswa bisa memulai sesuatu dari hal yang kecil bisa menambahkan penghasilan. ”Jadi pengusaha gampang, jadi seorang pengusaha pun punya keistimewaan sendiri, kalau pegawai berangkat pagi pulang sore, pengusaha kapan saja bisa,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, berwirausaha akan menumbuhkan rasa empati yang tinggi dan membantu menghasilkan sebuah karya yang tidak hanya dapat dinikmati dan menguntungkan diri sendiri. Akan tetapi juga dapat dinikmati dan dapat menguntungkan sesama. ”Dalam berwirausaha juga dibutuhkan kreativitas dan terobosan baru untuk menghasilkan produk yang berbeda,” katanya. (DE)***


Sekilas Info

Mahasiswa Trunojoyo Belajar Jurnalistik di Kabar Banten

TIGA mahasiswa Trunojoyo, Madura, Jawa Timur melakukan praktik kerja lapangan di Kantor Redaksi Harian Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *