Selasa, 17 Oktober 2017

Terhalang Moratorium Sejak Tahun 2016, Pemkab Lebak tak Keluarkan Izin Peternakan

LEBAK, (KB).- Terhitung sejak tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Lebak, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak sudah tidak mengeluarkan izin usaha peternakan milik perseorangan maupun sebuah perusahaan.

Kepala DPMPTSP Lebak Wahab Rahmat menyatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, dari semenjak tahun 2016 sampai tahun 2017, pihaknya belum mengeluarkan izin usaha peternakan ayam. ”Izin peternakan pada tahun 2016 tidak kami keluarkan karena memang sedang moratorium. Jadi yang pada saat itu sedang dalam proses pengajuan juga sementara dihentikan,” kata Wahab kepada Kabar Banten, Rabu (11/10/2017).

Menurut Wahab, salah satu perusahaan yang terkena dampak moratorium ialah PT Pama yang berada di Desa Lebak Parahiyangan, Kecamatan Leuwidamar. Sejak saat itu DPMPTSP belum mengeluarkan terkait perizinannya. ”Katanya sih mau melanjutkan proses perizinan pasca moratorium tetapi sampai saat ini belum ada. Kami belum menerima berkas pengajuan perizinan,” ujarnya.

Wahab berharap, dinas atau instansi terkait memberikan teguran kepada perusahaan atau usaha milik perorangan yang belum memiliki izin dalam menjalankan usahanya. Baik itu terhadap perusahaan maupun milik perorangan yang baru mau mendirikan termasuk yang sudah beroperasi.

”Kan ada di antara mereka yang ternyata perizinannya sudah mati namun belum diperpanjang. Untuk itu, tolong segera berikan surat teguran, apa mau diberikan izin atau mau diberhentikan dan mau dilanjutkan kembali, sedangkan kami dari perizinan tidak punya kewenangan menutup yang berhak dari dinas terkait,” tuturnya.

Wahab menambahkan, selain masalah perizinan, perlu dilakukan pengawasan terhadap penggunaan tenaga kerjanya. Sesuai tidak prosentasenya dengan pada saat mengajukan perizinan. ”Jadi dari tenaga kerjanya juga harus dicek, direkrut tidak warga setempat. Tenaga kerjanya harus ada dari warga setempat agar ada pemberdayaan dan mampu membantu pemerintah setempat dalam memperkecil jumlah angka pengangguran,” ucapnya. (Lugay/Job)***


Sekilas Info

Jalan Penghubung Dua Desa di Sobang Longsor

LEBAK, (KB).- Jalan poros desa yang menghubungkan Desa Sukamaju-Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Sabtu (14/10) alami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *