Kamis, 19 Oktober 2017

Situs Batu Bedil, Benda Purbakala di Lebak Selatan

Di kawasan hutan Cikiruh, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak terdapat sebuah batu bernama Situs Batu Bedil. Pada situs ini terdapat satu buah batu menhir berjenis batuan monolith. Letaknya tepat di atas lahan kasepuhan Bayah. Batu tersusun dilengkapi satu batu berukuran lebih panjang dari batu lainnya.

Ukuran yang lebih panjang berada posisi miring, terlihat seperti moncong meriam, atau dalam bahasa masyarakat setempat disebut bedil. Awalnya posisi batu berdiri tegak, namun karena postur tanah yang jadi pijakan bergeser, akhirnya batu berubah menjadi miring.

Menurut cerita masyarakat, batu ini pertama kali ditemukan tahun 1986, namun belum dapat dipastikan kebenarannya. Setelah dilakukan penelitian oleh para arkeolog 1999, batu ini kemudian ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang dilindungi Kantor Pelestarian Cagar Budaya Banten.
“Situs Batu Bedil terdapat di Bayah, batu merupakan batuan monolit,” kata Direktur Banten Heritage, Dadan Sujana saat dihubungi wartawan, Kamis (27/7/2017).

Batu menhir merupakan batu yang pernah digunakan manusia zaman megalitikum. Umumnya, seperti batu menhir biasanya dijadikan tempat pemujaan. Batu yang kemudian disebut menhir itu disimbolkan sebagai tempat singgah para leluhur.

Raden Prabu Kian Santang

Kebiasaan memuja maju berhubungan dengan kepercayaan yang dianut masa itu, yaitu kepercayaan tinggi kepada arwah-arwah nenek moyang. “Kalau sudah menjadi cagar budaya, itu keberadaannya dilindungi undang-undang. Tidak boleh dirusak,” katanya.

Selain itu, Situs Batu Bedil kerap kali dihubungkan dengan Raden Prabu Kian Santang, Putra Raja dari Kerajaan Siliwangi. Konon banyak masyarakat mempercayai bahwa batu ini pernah menjadi salah satu tempat perenungnya. Meski demikian, cerita ini belum dapat dibuktikan keabsahannya dalam ilmu sejarah. (Sutisna/”KB”)***


Sekilas Info

Ingin Jadi Wisata Favorit Dunia, Menpar: Tanjung Lesung Harus Punya Bandara

PANDEGLANG, (KB).- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung harus memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *