404 Page Not Found

The page you requested was not found.

Menembus Medan Berat Demi Pilgub

Lokasi saya : Kabar-banten.com / Lebak / Menembus Medan Berat Demi Pilgub

Menembus Medan Berat Demi Pilgub

16 Feb 2017 14:08 WIB
  • KONDISI geografis sebagian wilayah Kabupaten Lebak yang merupakan daerah perbukitan, ditambah kemampuan keuangan daerah yang masih sangat terbatas, mengakibatkan belum sempurna pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, khususnya di daerah pelosok. Di sebagian wilayah itu, kondisi infrastruktur jalan masih merupakan permasalahan yang cukup serius karena masih berupa tanah merah. Jika musim penghujan tiba, kondisi jalan itu akan semakin menyulitkan pengguna jalan yang akan melaluinya. Kondisi itulah yang harus dihadapi masyarakat setempat, termasuk sejumlah petugas penyelenggara pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak yang bertanggung jawab untuk menyalurkan logistik penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Banten. Untuk bisa mencapai daerah tujuan, para petugas kerap harus berjibaku agar dapat menembus medan berat itu. Seringkali mereka terpaksa turun dan mendorong kendaraan saat harus mendaki jalanan tanah becek.

    Bahkan beberapa kali para petugas harus bergotong royong bersama warga mengangkat kendaraan yang terjebak dalam genangan lumpur. Tak heran jika kemudian seluruh pakaian mereka penuh dengan tanah merah. ”Saat ini saya sedang mengawal pendistribusian logistik ke daerah pedalaman di Kecamatan Cibeber. Medannya memang cukup berat, apalagi setelah diguyur hujan lebat dan diterjang banjir. Namun kami optimistis seluruh logistik akan tiba diseluruh TPS sesuai jadwal yang telah kami tetapkan,” ucap Ketua Divis Logistik KPUD Lebak Ace Sumiarsa Ali, kepada Kabar Banten melalui sambungan telefon. Menurutnya, medan berat yang harus dilalui saat pengiriman logistik ke daerah pedalaman, merupakan pengalaman tersendiri yang cukup berharga, karena selain menegangkan, juga cukup mengasyikkan. ”Kekhawatiran memang ada, apalagi saat terjadinya banjir dan longsor yang menyebabkan sejumlah ruas jalan tertutup dan memaksa kami harus berusaha keras untuk bisa menembus jalan agar bisa tiba di lokasi," ujarnya.

    Tak hanya memastikan terdistribusikannya seluruh logistik Pilgub, pihaknya juga harus memeriksa kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di lokasi terdampak banjir, untuk memastikan kelayakan TPS. "Tugas utama saya adalah memastikan seluruh logistik Pilbgub terdistribusikan pada seluruh wilayah tepat pada waktunya. Namun kami juga berkewajiban untuk memastikan layak tidaknya TPS yang akan digunakan. Dengan acuan pasal 19 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 tahun 2015, kami memutuskan untuk merelokasi 10 TPS disejumlah wilayah ke tempat yang memadai, seperti gedung atau halaman rumah warga," tuturnya. (T.Soemarsono/KB)***

2. Ads 125 x 125